Sejarah dan Perkembangan OS

Hallo everyone... nah disini aku akan menulis lagi tentang sejarah perkembangan OS serta siapa yang menciptakannya:;)

Next........

Pertama, aku akan menulis tentang bografi si pembuat OS dari penemuannya, dampak dari penemuan tersebut serta padangan pribadi aku tentang penemunnya.

 1.      Dennis Ritchie



Dennis MacAlistair Rrichie lahir pada 9 September 1945 beliau wafat pada tanggal 12 oktober 2011 pada umur 70 tahun dikarenakan mengedap penyakit kanker prostat dan penyakit jantung beliau berada pada kondisi kesehatan yang sangat lemah setelah pengobatannya itu dia di temukan meninggal dunia di rumah yang ditinggalinya sendiri di Berkeley heights, New Jersey sebelum beliau meninggal beliau adalah seorang ilmuan computer yang di kenal atas subangsingnya beliau yang menciptakan Bahasa pemograman C dan bermacam sistem Operasi seperti Multics da Unix. Selain itu juga atas karya yang sukses ia buat semasa hidup itu beliau telah menerima empat penghargaa yaitu Turing Award, IEE Richard W. Hamming Medal, National Medal of Technology, dan Japan prize. Pada tahun 1983, Ritchie bersama Ken Thompson menerima penghargaan Turing Award atas jasa mereka dalam pengembangan teori sistem operasi dan khususnya atas implementasi sistem operasi Unix. Pada kesempatan tersebut, Ritchie memberikan kuliah yang berjudul "Reflections on Software Research".

Pada tahun 1990, Ritchi dan Ken Thompson menerima IEEE Richard W. Hamming Medal dari Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), "sebagai penggagas sistem operasi UNIX dan bahasa pemrograman C". Pada tahun 1990, Ritchi dan Ken Thompson menerima IEEE Richard W. Hamming Medal dari Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), "sebagai penggagas sistem operasi UNIX dan bahasa pemrograman C’’. Pada 21 April 1992, Ritchie dan Ken Thompson menerima National Medal of Technology 1998 dari Presiden Bill Clinton atas jasa mereka dalam menemukan sistem operasi UNIX dan bahasa pemrograman C yang telah menyebabkan pengaruh besar bagi perangkat keras komputer, perangkat lunak, dan sistem jaringan serta merangsang pertumbuhan industri sehingga membawa Amerika memimpin di Era Informasi. Pada tahun 2011, Dennis Ritchie bersama Ken Thompson menerima penghargaan Japan Prize for Information and Communications atas jasa mereka sebagai pionir dalam pengembangan sistem operasi UNIX. Ritchie lahir di BronxvilleNew York. Pendidikan sarjana diraihnya dari Harvard di bidang fisika dan matematika terapan. Pada tahun 1967, Ritchie mulai bekerja di Bell Labs' Computing Sciences Research Center, kemudian di Lucent Technologies hingga ia pensiun pada tahun 2007. Pada tahun 1968, Ritchie mendapatkan gelar doktor Ph.D. dari Harvard.[4] Ritchie (bersama Ken Thompson) menerima penghargaan Turing Award pada tahun 1983 dan National Medal of Technology 1998 pada 21 April 1999. Pada tahun 1988, Ritchie terpilih menjadi anggota National Academy of Engineering atas jasanya dalam "development of the 'C' programming language and for co-development of the UNIX operating system."

Juga Ia menjabat sebagai kepala Departemen Riset Perangkat lunak Sistem di Lucent Technologies saat pensiun pada tahun 2007.

Pada tahun 1978, Dennis Ritchie dan Brian Kernigham menerbitkan edisi pertama dari buku yang berjudul The C Programming Language. Buku ini hingga sekarang diakui sebagai kitab suci Bahasa C dan merupakan referensi utama seorang pemproram yang ingin mengetahui tentang Bahasa C, terutama karena begitu lengkapnya cakupan buku ini tentang Bahasa C dan mudahnya program yang di contohkan dalam buku ini.

Versi Bahasa C yang di tampilkan oleh buku ini kemudian dikenal dalam kalangan pemrogram sebagai C K&R. Pada buku The C Programming Language edisi kedua kemudian melingkupi ANSI C yang di perkenalkan belakangan

Dari semua apa yang dilakukan beliau kita tahu disitulah sejarah di kembangkannya sistem operasi dan juga awal di betuknya sebuah Bahasa pemograman C dimana pemograman ini dapat membuat program lebih terstruktur dan efisien sehingga dapat mudah di pahami atau dibaca alur programnya juga penggunaan fungsi membuat program jadi lebih efisien karena mengurangi pengulangan penulisan kode yang sama.

Meskipun C dibuat untuk pemograman sistem dan jaringan computer namun Bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur computer, bahkan terdapat beberapa compiler yang sangat popular telah tersedia. C secara luar biasa memengaruhi Bahasa popular lainnya, terutama pada C++ yang merupakan extensi dari C.

 

      2.  Gary  Kildall




Gary Arlen Kildall Lahir 19 Mei 1942 – Wafat 11 Juli 1994, Gary Kildall meninggal bulan Juli tahun 1994, akibat serangan jantung saat ia sedang bersama teman-temannya disebuah restoran di California. Meski sempat dua kali masuk rumah sakit namun akhirnya ia meninggal dunia tiga hari kemudian di RS Monterey Peninsula, California. Dia adalah sosok yang sangat penting karena beliau merupakan orang yang membuat OS pertama untuk Personal Computer (PC) selain itu dia juga sahabat kental sekaligus idola Gates. Dan beliau juga adalah orang pertama yang memasukkan sistem disk ke microcomputer, dengan membuatkan OS untuk itu

Gary dianggap sebagai salah satu sosok penting dalam percaturan komputer dunia. Setiap pemilik PC, pasti akan berterima kasih dengan hadirnya Gary dalam dunia ini. Bisa jadi tanpa kehadirannya, PC-PC yang ada saat ini hanyalah akan menjadi onggokkan perangkat keras yang tak bisa berbuat banyak, karena tak memiliki nyawa yakni beliau meraih gelar Ph.D. pada bidang ilmu komputer dari University of Washington pada tahun 1972 itu, telah berhasil meyakinkan pihak IBM hingga kemudian bergabung dengan Microsoft, yang terbukti dimana kedua perusahaan itu akhirnya menjadi raksasa komputer yang amat ditakuti dunia.     

Setelah menyabet gelar Ph.D. nya, Gary memang tidak langsung bergabung dengan pabrik hardware maupun software komputer, tapi malah bergambung dengan Angkatan Laut AS, yang dipercaya menangani komputerisasi di armada AL terbesar di dunia itu. Ada pertanyaan unik, apakah seorang penghasil OS top dunia musti lahir di Seattle? Jawabannya bisa iya bisa juga tidak. Namun, kenyataannya, dua orang top dunia dalam bidang OS, yakni Gary sendiri dan Gates adalah kelahiran Seattle.

Seperti halnya Gates, Gary, memiliki kesabaran yang cukup tinggi terhadap komputer. Betapapun keduanya tetap memiliki perbedaan, yang berarti keduanya tak bisa dibilang sebagai pinang dibelah dua. Lantas, dimana letak perbedannya? Tentu saja masalah background pendidikan, karena Gary mampu menyelesaikan semua tugasnya belajarnya dengan baik hingga lulus. Sedangkan Gates, gelar Sarjana Muda pun tak berhasil diraihnya.

Dan memang keduanya juga memilki selisih masa pendidikan, karena saat Gary sudah duduk di bangku kuliah, Gates masih duduk di bangku SMU. Namun hebatnya, keduanya (dengan selisih masa pendidikan) bisa bekerja pada tempat kerja yang sama yakniDEC PDP-10 computer system.

Tapi sebelum berpanjang kata, bagaimana sebenarnya kiprah awal Gary bisa kecantol IBM yang kemudian menjadi pahlawan bagi raksasa komputer itu, terutama demi melawan Apple, yang sudah gembar-gembor bisa membuat komputer yang bisa dimasukkan dalam sebuah kamar. Awalnya begini, ketika IBM merencanakan untuk membuat komputer IBM PCnya, IBM membutuhkan sebuah operating system (OS). Namun IBM benar-benar bingung, siapa yang mampu dan bakal bisa mengisi jiwa OS dari komputer yang akan dibuatnya itu? Rupanya takdir membuat IBM bertemu dengan Gary Kildall dan Bill Gates (sudah memiliki tim programer). Itu berarti, IBM punya dua kandidat hebat agar komputernya bisa terisi OS, yakni Gary dan Gates.

Terjadi salah pengertian, karena IBM mengira Bill Gates (Microsoft) telah memiliki OS, padahal Microsoft kala itu hanya memilikiprogramming language (Basic). Maka, akhirnya, Bill Gates mengirimkan rombongan IBM ke tempat Gary Kildall.

Setelah semuanya beres, terjadinon disclosure agreementyang sangat memberatkan dan sebagainya. Hingga kemudian kerjasama Gary dan IBM kandas di tengah jalan. Inilah yang aneh, karena akhirnya IBM memilih Microsoft (setelah Microsoft membeli sebuah OS lain). Namun, IBM menemukan 300 Bugs dari OS yang ditawarkan Bill Gates dkk itu, hingga akhirnya mereka kembali kepada Gary yang gabung dengan DRI (perusahaan pembuat OS yang didirikan oleh Gary) dan berhasil membuat OS CP/M-86, semantara IBM menggunakan DOS Version 1.0, namun ternyata DOS Version 1.0 juga banyak mengandung bug hingga kemudian digabung dengan CP/M-86, sampai menghasilkan OS yang multitasking dan windowing.

Melihat besarnya Microsoft, tak terbayangkan kalau sebelumnya mereka harus belajar penuh terhadap keberhasilan yang diraih oleh Gary, DRI dan Apple (dengan Mac GUI), yang terbukti berhasil membuat OS-OS handal untuk PC kala itu.

Saat Windows masih belum mencapai versi 3.0, Microsoft benar-benar belum diperhitungkan oleh kalangan komputer dunia, karena mereka masih belum bisa menghilangkan kekurangan-kekurangan yang dimiliki, selain juga dalam OS nya juga masih menggunakan DOS, yang notabene bukan hasil karya mereka sendiri. Kelemahannya lagi, OS yang digunakan oleh Microsoft itu belum mampu multitasking.

Baru pada musim semi 1990, Microsoft dengan bangga mengumumkan peluncuran Windows 3.0, yang sudah memiliki kemampuan berlebih, selain kemampuan multitasking-nya, juga makin sedikitnya bug yang dikandung serta icon-icon menawan yang bisa merayu para user. Semua kehebatan itu, jelas hasil pembelajaran yang dilakukan MS terhadap Gary, DRI dan Apple, yang terlebih dahulu mampu melakukannya.

Dari kisah yang telah dialami oleh Gary, nampak kalau laki-laki berkacamata ini memang tidak main-main saat memilki kemampuan. Lihat saja apa yang telah ia lakukan dan ciptakan (daftar bawah), dimana hampir dominan yang namanya bagian-bagian dalam tubuh komputer yang mampu diciptanya.

Dia adalah yang memperkenalkan operating systems (OS) dengan kemampuan kapabilitas multitasking dan windowing sertamenu-drive user interfaces.

Lepas dari DRI, dia membuat disket pertama dengantrack buffering schemes, yang dapat membaca algoritma,file directory, danRAM disk emulators. Pada tahun 1980, dia memperkenalkan sebuahbinary recompiler.

Kildall dinobatkan sebagai programming language untuk OS yang pertama dan penulis compiler khusus untuk microprocessor.

Gary berhasil membuatmicroprocessor disk operating systemyang pertama, yang kemudian sukses dijual jutaan kopi. Selepas itu, ia berhasil membuat interface pertama komputer untuk video disk dengan kemampuanautomatic nonlinear playback, yang kelak dikenal sebagai multimedia interaktif.

Berhasil pula dikembangkannya file system dan struktur data untuk CD-ROM. Prestasi lainnya, Dia menciptakan arsitekstur open-system melalui pemisahansystem-specific hardware interfaceyang diset pada BIOS biasa, hal itu memungkinkan adanya industrisoftware third-party.

Daftar hasil karya yang diciptakannya itu jelas bukan karya yang main-main, karena hampir semua aspek kebutuhan komputer modern telah diraupnya. Dan tak berlebihan kiranya kalau kita menjulukinya sebagai sang cikal bakal komputer modern.

Karena berkat dialah perkembangan computer hingga sekarang ini semakin di modifikasi sesuai kebutuhan manusia dan mengikuti tren modern jaman dan semakin luas dan mudah digunakan Bahkan dengan jasanya tersebut sebuah komputer menjadi mampu melakukan tugas-tugas berat dengan lebih dari satu perintah. Baik untuk minicomputer maupun mainframes. Atas hasil karyanya itu, dunia, dibuatnya berubah. Tanpa kehadirannya juga, PC-PC yang ada saat ini hanyalah akan menjadi sebuah perangkat keras yang tidak bisa berbuat banyak karena tidak memiliki nyaa yakni OS 


3.      2. Linus Benedict Torvalds



Linus Benedict Torvalds (lahir 28 Desember 1969) adalah rekayasawan perangkat lunak Finlandia yang dikenal sebagai perintis pengembangan Kernel Linux. Ia lahir dari pasangan Nils Torvalds (ayah) dan Anna Torvalds (ibu). Sedari kecil ia sudah sangat menyukai dan tertarik pada dunia pemograman computer. Sontak saja hal tersebut membuat pria berkebangsaan Finladia ini memutudkan kuliah di Universitas Helsinky.kemampuannya berkembang dan belajar mengenai pemograman C. pada masa itu ia membeli sebuah komputer dengan sistem operasi MS-DOS buatan Microsoft. Hal tersebut dilakukam demi memperdalam ilmu yang di miliki. Anehnya Linus Torvalds pendiri Linux, tak tertarik menggunakan computer yang telah ia beli ia ,malah sering menggunakan komputer di universitasnya yang mana kata itu menggunakan sistem operasi UNIX

Karena perkembangan yang di buat olehnya Ia sekarang bertindak sebagai koordinator proyek linux

Linux terinsipirasi oleh Minix (sistem operasi yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum) untuk mengembangkan sistem operasi mirip Unix (Unix-like) yang dapat dijalankan pada sebuah PC. Linux sekarang dapat dijalankan pada berbagai arsitektur lain.

Ketika Linus Torvalds, seorang mahasiswa Finlandia pendiam membagi-bagikan kode sumber (source code) kernel Linux seukuran disket via internet pada tahun 1991, ia sama sekali tidak menduga bahwa apa yang dimulainya melahirkan sebuah bisnis bernilai miliaran dolar di kemudian hari.

Saat ini 2,32% pangsa pasar desktop di seluruh dunia menggunakan Linux, macOS 8,41% dan Windows 88,79%. Linux juga menyumbangkan 68,71% pada sistem operasi telepon pintarnya dengan Android. Dan 35,9% server di seluruh dunia menggunakan Linux, melebihi Windows yang hanya 32,3%, jauh di atas UNIX, BSD, dan Solaris.

Saat ini Linus meninggalkan posisi menjanjikan di perusahaan semi konduktor Transmeta dan tinggal bersama istri dan 3 anaknya di sebuah bukit di desa di Portland, Oregon, AS, berdekatan dengan markas Open Source Development Labs. Organisasi nirlaba ini diawaki oleh 20-an pemrogram yang punya gairah hampir sama dengan Linus. Mereka terus mengembangkan kernel Linux yang kini berukuran 290-an MegaBytes atau melebihi 9 miliar baris kode. Linux beserta timnya menerima masukan baris-baris kode dari seluruh penjuru dunia, menyortir, menetapkan skala prioritas dan memasukkan gagasan paling brilian ke dalam kernel. LSD sendiri didukung oleh puluhan raksasa IT seperti IBM, HP, Dell dan Sun, baik dari sisi materi maupun sumber daya manusia.

Linus bukan orang pertama yang membagi-bagikan kode sumber karena pola ini adalah hal yang biasa pada masa awal tumbuhnya industri komputer. Tapi Linus sukses menetapkan standar yang memaksa banyak pengembang ikut membebaskan kode sumber program mereka, mulai dari BSD, Solaris, Suse, Java hingga Adobe.

Meski hanya bergaji ratusan ribu dolar pertahun, Linus telah menciptakan banyak multimiliarder dalam industri komputer mulai dari RedHat, Suse, Debian, Mandriva, Ubuntu dan banyak pengembang perangkat lunak sumber terbuka lainnya. Hampir tak ada yang berubah dari Linus. Ketika ia datang terlambat di suatu konferensi IT, ia bahkan tak segan-segan duduk di lantai dengan celana pendek dan sepatu-sandal kesukaannya. Ia bahkan tidak marah tatkala memberikan pidato di mimbar dan diinterupsi oleh beberapa pemrogram BSD yang maju ke depan panggung yang mengklaim bahwa kernel BSD jauh lebih hebat daripada kernel Linux. Ia bahkan tidak segan-segan memakai T-Shirt BSD yang disodorkan pemrotes dan melanjutkan pidatonya.

Menurut Linus, apa yang dilakukannya hanyalah untuk berbagi. Berbeda dengan Richard M. Stallman yang fanatik dengan konsep free software, Linus hanya menekankan sisi keterbukaan (open), tak peduli apakah kemudian dalam suatu sistem operasi bercampur program free dan proprietary.

Setiap kata-kata Linus hampir menjadi sabda di kalangan Linuxer yang menciptakan standar nilai tertentu. Setiap publikasi, pidato, surel, dan siaran persnya selalu ditunggu-tunggu jutaan orang. Di sela kesibukannya, Linus menyempatkan diri bersepeda menuruni bukit dan minum di bar desa. Pada 24 April 2012, Linus terpilih sebagai salah satu dari dua penerima penghargaan Millennium Technology Prize 2012, sebuah penganugerahan sekelas penghargaan Nobel di dunia teknologi.

Jadi, Karena berkat apa yang dibuat linus ini juga perkembangan OS semakin bertambah seperti penciptaannya dalam pemuatan linux Ia bahkan tidak menduga Linux kemudian menjadi sistem operasi paling menjanjikan, yang bisa dibenamkan ke dalam server, komputer desktop, tablet PC, PDA, ponsel, GPS, robot, mobil hingga pesawat ulang alik buatan NASA. Semakin membuat jaman berubah seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih

 

 

4.      Kenneth Thompson

 


kenneth thompson lahir di New Orleans. Ia menerima gelar Bachelor of Science pada tahun 1965 dan gelar master pada tahun 1966, baik di Teknik Elektro dan Ilmu Komputer, dari University of California, Berkeley, di mana penasihat master tesisnya itu Elwyn Berlekamp.
Pada tahun 1960, Thompson dan Dennis Ritchie bekerja pada sistem operasi Multics. Sementara menulis Multics, Thompson menciptakan bahasa pemrograman Bon. Kedua meninggalkan proyek Multics saat Bell Labs menarik diri dari itu, tetapi mereka menggunakan pengalaman dari proyek, dan pada tahun 1969, Thompson dan Ritchie menjadi pencipta utama dari sistem operasi Unix. Pada saat ini, Thompson memutuskan bahwa Unix membutuhkan bahasa pemrograman sistem dan menciptakan B, pelopor untuk Ritchie C.

Thompson telah mengembangkan versi CTSS dari QED editor, yang termasuk ekspresi reguler untuk mencari teks. Kemudian Editor QED dan Thompson ed (editor default pada Unix) memberikan kontribusi besar terhadap popularitas akhirnya ekspresi reguler, sebelumnya dianggap sebagian besar sebagai alat (atau mainan) untuk ahli logika. Ekspresi reguler menjadi meresap dalam program pengolahan teks Unix ( seperti grep) dan dalam bahasa pemrograman modern seperti Perl, mereka juga merupakan konsep sentral dalam editor teks Rob Pike sam. Hampir semua program yang bekerja dengan ekspresi reguler saat ini menggunakan beberapa varian dari notasi Thompson untuk mereka.

Thompson juga mengembangkan UTF-8 (skema pengkodean karakter yang digunakan secara luas) bersama dengan Rob Pike pada tahun 1992. 

Seiring dengan Yusuf Condon, ia menciptakan hardware dan software untuk Belle, seorang juara dunia komputer catur. Ia juga menulis program untuk menghasilkan pencacahan lengkap akhir catur, yang dikenal sebagai tablebases Endgame, untuk semua 4, 5, dan 6-sepotong ujung, memungkinkan bermain catur program komputer untuk membuat “sempurna” bergerak sekali posisi yang tersimpan di dalamnya tercapai . Kemudian, dengan bantuan ahli catur Endgame Yohanes Roycroft, Thompson hasil pertama didistribusikan pada CD-ROM.

Thompson gaya pemrograman telah mempengaruhi orang lain, terutama dalam terseness ekspresi dan preferensi untuk pernyataan yang jelas. [Kutipan diperlukan]

Pada akhir tahun 2000, Thompson pensiun dari Bell Labs. Dia bekerja di Entrisphere, Inc sebagai sesama sampai tahun 2006 dan sekarang bekerja di Google sebagai Distinguished Engineer.

Thompson terpilih menjadi anggota National Academy of Engineering pada 1980 untuk “merancang UNIX, sebuah sistem operasi yang efisiensi, luas, kekuasaan, dan gaya telah membimbing generasi eksploitasi dari minicomputer.

Dari semua itu yang diketahui bahwa beliau tidak hanya mendirikan Unix tetapi, beliau juga meciptakan bahasa pemoraman B, mengengembangkan versi CTSS dari QED editor, mengembangkan UTF-8 serta menciptakan berbagai hardware dan software jadi bisa di lihat apa yang dibuat beliau ini  sangat berpengaruh dan berdampak bagi perkembangan teknologi  komputer di dunia manusia lebih leluasa dan bebas memakai teknologi komputer di berbagai bidang

 

5.     7. Robert Morris




Robert Morris dilahirkan di Boston tanggal 25 Juli 1932. Ia adalah putera dari Walter W. Morris dan Hellen Kerry Moris. Ia memperoleh gelar sarjana dalam matematika terapan dari Universitas Harvard.Beliau adalah seorang kriptografi yang membantu mengembangkan sistem operasi komputer paling aman dan Robert  seorang  kontributor utama dalam kedua fungsi numerik dan sistem operasi dan kemampuan keamanan termasuk sistem password dan sistem enskripsi yang bekerja pada kelompok riset Unix di Bell Laboratorium. Minat Robert pada kemanan komputer diperdalam pada akhir 1970 saat ia mengeplorasi kriptografi, studi dan paraktek melindungi informasi dengan mengubahnya menjadi kode.


Robert Morris, ahli kriptografi yang turut membantu mengembangkan sistem operasi komputer paling aman saat ini, Unix, meninggal dunia di usia 78 tahun pada 19 Juni 2011 lalu. Istri Robert, Anne Farlow Morris mengatakan suaminya meninggal dunia karena mengidap komplikasi Demensia.

Sebelum makalahnya dipublikasikan, Robert mendapat panggilan dari National Security Agency Jerman. Agency mengundangnya untuk berkunjung dan ketika ia bertemu dengan pejabat setempat, ia justru diperintahkan untuk tidak mempublikasikan makalah akademis yang telah disusunnya tersebut karena berisi tentang kerentanan sistem kriptografi modern yang ada di Jerman. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Ia menuruti perintah pejabat tersebut dan sejak tahun 1986 ia bergabung dengan National Security Agency tersebut dan bertugas melindungi komputer pemerintah dan proyek yang melibatkan pengintaian elektronik serta perang online. Meskipun tidak pernah secara rinci menyebutkan proyek-proyek apa yang dilakukannya selama bekerja, namun ia pernah menyampaikan kepada wartawan bahwa ia telah membantu FBI dengan bukti-bukti encoding yang telah dienksipsi olehnya. Sayangnya, tahun 1988 ia tersandung kasus yang terkait dengan ulah anaknya, Robert Tappan Moris. Mahasiswa pascasarjana dalam ilmu komputer di Cornell University ini menulis sebuah program yang kemudian dikenal sebagai worm komputer. Meskipun perangkat lunak yang dikembangkannya dimaksudkan untuk jaringan tersembunyi, namun hasil percobaannya menimbulkan kemacetan lebih dari 10 persen dari 50.000 komputer pada saat itu. Kejadian itu membuat Tappan bersembunyi di rumah orang tuanya sebelum akhirnya menyerahkan diri ke Biro Investigasi Federal (FBI). Ia dihukum dibawah Undang-Undang kejahatan komputer, dijatuhi hukuman percobaan dan diperintahkan membayar denda 10.000 dollar AS dan melakukan pelayanan masyarakat. Setelah kasus tersebut Robert tetap melanjutkan pekerjaannya sebagai ilmuwan kepala badan keamanan nasional dan pensiun tahun 1994. Setelah melanjutkan pendidikan dan menerima gelar doktor ilmu komputer dari Universitas Harvard, Robert bergabung menjadi anggota Massachusetts Institute of Technology hingga akhir hayatnya. Robert meninggal dunia pada 19 Juni 2011 di Lebanon.






6.      Bill Gates



Bernama lengkap William Henry Gates III atau lebih dikenal dengan nama Bill Gates dilahirkan pada 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington. Ia adalah adalah anak kedua dari tiga bersaudara.

Ayahnya William Henry Gates adalah seorang pengacara perusahaan yang punya banyak relasi di kota. Sedangkan ibunya Mary Maxwell seorang pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way.

Bill Gates seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah. Ketika dia berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki.

Di Lakeside itulah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu.

Dia dengan cepat menguasai BASIC, sebuah bahasa pemograman komputer, dan bersama dengan para hacker yang belajar sendiri di Lakeside.

Dia melewatkan waktu ber-jam-jam menulis program, melakukan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer.

“Dia adalah seorang eksentrik,” sebagaimana salah seorang guru memberikannya julukan itu. Bill Gates menempuh kuliah di Harvard University di Cambridge mulai tahun 1975.

Di sana ia bertemu dengan Paul Allen sewaktu sekolah bersama-sama. Bersama Paul Allen, Bill Gates terus mengembangkan talentanya di bidang pemograman komputer. Namun, Bill gates memutuskan keluar (drop out) untuk menyumbangkan waktunya ke Microsoft.

Melalui usaha kerasnya, perusahaan yang ia dirikan yang bernama Microsoft Corporation menjadi sukses dan Bill Gates melambung menjadi seorang jutawan.

Di tahun 1990 Bill Gates sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran dunia. Namun, Bill Gates juga mendapat reputasi yang tidak baik dalam karirnya. Tidak hanya satu kali, bahkan ia melakukan beberapa kali kesalahan dalam bisnis perangkat lunaknya.

Monopoli Microsoft

Dalam Biografi Bill Gates diketahui bahwa pada tahun 1990 Bill Gates mendapat tuntutan dari Departemen Keadilan Amerika Serikat dengan dakwaan Gates telah melakukan monopoli terhadap perusahaan-perusahaan kecil.

Dan sekali lagi Bill Gates tersandung oleh hukum undang-undang bisnis Amerika Serikat pada tahun 1999. Pada tahun 2000, Bill gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Pegawai Eksekutif

Bill Gates memilih kembali ke profesi lamanya yang ia cintai yaitu Kepala Penelitian dan Pengembangan Perangkat Lunak di perusahaanya sendiri, Microsoft Corp.

Dan pada awal tahun 2008, Bill Gates memutuskan untuk mengundurkan diri dari manajemen Microsoft dan mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan sosial yang didirikannya, yaitu Bill dan Melinda Gates Foundation.

Keluarga Bill Gates

Dalam kehidupan peribadinya, Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari 1994. Mereka mempunyai tiga orang anak, Jennifer Katherine Gates (1996), Rory John Gates (1999) dan Phoebe Adele gates (2002).

Dalam Biografi Bill Gates diketahui bahwa ia dengan istrinya, Bill Gates telah mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, yang merupakan sebuah Yayasan Sosial yang memperhatikan pederita AIDS, beasiswa bagi universitas-universitas dan kepedulian pada dunia ketiga.

Para kritikus mengatakan ini merupakan pembuktian terhadap kemarahan banyak orang tentang praktik monopoli, adikuasa perusahaannya dan beberapa kejahatan yang telah ia lakukan, tetapi beberapa orang yang dekat dengan Bill Gates berkata bahwa ia memang telah lama berencana untuk menyumbangkan sebagian besar hartanya.

Di tahun 1999 koran Washington Post memberitakan bahwa “Gates telah menyatakan bahwa dia memutuskan untuk menyumbangkan $5 milyar kepada organisasi mereka.

Hal itu tentu tidak mengherankan karena menurut survei Majalah Forbes, Bill Gates selalu menjadi orang terkaya di dunia berturut-turut selama tahun 1996 – 2004 dengan jumlah $ 90 Milyar.

Dengan perjuangan dan tekad yang keras kini Bill Gates telah menggapai cita-citanya. Untuk mencapai kesuksesan memang diperlukan pengorbanan dan perjuangan yang berat, namun usaha keras dan sikap pantang menyerah Bill Gates telah membuahkan hasil yang dapat ia nikmati saat ini.

Berturut turut dari tahun ke tahun hingga saat ini Bill Gates bertengger diposisi satu sebagai orang terkaya di dunia.

Fakta Fakta Kekayaan Bill Gates

·         Bill Gates menghasilkan US$250 setiap detiknya, itu sekitar US$20 juta sehari dan US$7,8 milyar setahun!

·         Jika dia menjatuhkan US$1.000, dia bahkan tidak perlu repot-repot lagi untuk mengambilnya kembali karena sama dengan waktu 4 detik untuk mengambil, dia sudah memperoleh penghasilan dalam jumlah yang sama.

·         Utang nasional Amerika sekitar US$5,62 trilyun, jika Bill Gates akan membayar sendiri utang itu, dia akan melunasinya dalam waktu kurang dari 10 tahun.

·         Dia dapat menyumbangkan US$15 kepada semua orang di dunia tapi tetap dapat menyisakan US$5 juta sebagai uang sakunya.

·         Michael Jordan adalah atlit yg dibayar paling mahal di Amerika. Jika dia tidak makan dan minum dan tetap membiarkan penghasilannya utuh dalam setahun sejumlah US$30 juta, dia tetap harus menunggu sampai 277 tahun agar bisa sekaya Bill Gates sekarang.

·         Jika Bill Gates adalah sebuah negara, dia akan menjadi negara terkaya sedunia nomor ke 37 atau jadi perusahaan Amerika terbesar nomor 13, bahkan melebihi IBM.

·         Jika semua uang Bill Gates ditukarkan ke dalam pecahan US$1, kita dapat menyusunnya menjadi jalan dari bumi ke bulan, 14 kali bolak balik. Tapi jalan itu harus dibuat non stop selama 1.400 tahun dan menggunakan total 713 buah pesawat Boeing 747 untuk mengangkut semua uang itu.

·         Bill Gates sekarang berumur 40 tahun. Jika kita mengasumsikan dia dapat hidup 35 tahun lagi maka dia harus membelanjakan US$6,78 juta per hari untuk menghabiskan semua uangnya sebelum dia pergi ke surga.

·         Tapi! Jika pemakai Microsoft Windows dapat mengklaim US$1 untuk setiap kali komputernya hang karena Microsoft Windows, Bill Gates akan segera bangkrut dalam waktu 3 tahun!

disini aku melihat bill gates sangat berpengaruh juga serta penggunaan kompuer semakinbnayak digunakan di berbagai bidang bahkan bukan hanya itu ia pun juga sebagai orang yang dermawan hingga mendirikanbeberapa organisasi humanity serta membantu negara-negara miskin di dunia.

Dengan kesuksesan Microsoft hingga sebesar ini ada pengorbanan dan tenaga yang dicurahkan sang sang pendiri Bill Gates dengan emebaca ceita beliau kita dapat mengambil contoh semangat dan kedermawaan hati seorang Bill Gates kita pula juga dapat pengambil pelajaran baha bila kita mempunyai passion terhadap sesuatu maka kita perlu mengembangkan pasion tersebut dengan beliau kita dapat menggunakan komputer dengan semakin muda bahkan bisa menghubungkan antara komputer dengan samrphone.


7.     7. Andrew Rubin



      Andy Rubin lahir pada tanggal 22 Juni 1946 di New Bedford, Amerika Serikat. Dia adalah pengembang dari Android OS. Sejak kecil, Rubin sudah terbiasa melihat banyak gadget baru. Ini karena ayahnya, seorang psikolog yang banting setir ke bisnis direct marketing, menyimpan produk elektronik yang akan dijualnya di kamar Rubin. Ia memiliki minat besar pada segala hal yang berbau robot. Di Carl Zeiss A.G., tempat pertama kali ia bekerja setelah lulus kuliah, Rubin ditempatkan di sebuah divisi robotika, tepatnya pada komunikasi digital antara jaringan dengan perangkat pengukuran dan manufaktur. Setelah dari Carl Zeiss, ia sempat bekerja di bidang robot di sebuah perusahaan di Swiss.

      Karier Rubin di bidang robotika nampaknya semakin cerah, namun hidupnya berubah gara-gara liburan di Cayman Island pada tahun 1989. Saat sedang mengunjungi kepulauan tropis di Jamaika itu, Rubin tak sengaja bertemu dengan seorang bernama Bill Caswell. Pria ini sedang tidur di tepi pantai, terusir dari sebuah cottage setelah bertengkar dengan pacarnya. Andy menawarkan pria itu tempat tinggal dan sebagai balas budi, Casswell menawarkannya pekerjaan. Kebetulan yang menakjubkannya adalah pria itu bekerja di Apple. Di Apple, Rubin mengalami masa-masa yang menyenangkan. Pada saat itu, Apple masih dalam kondisi baik berkat komputer Macintosh. Budaya Apple pun menular pada diri Rubin. Di sana ia sempat melakukan kejahilan, seperti memprogram ulang sistem telepon sehingga ia bisa berpura-pura sebagai sang CEO, John Sculley. Lelucon seperti itu mungkin akan disukai Steve Jobs, pria yang gemar membuat lelucon lewat telepon, namun ketika itu adalah periode Apple tanpa Jobs.

    Dari bagian manufaktur, Rubin pindah ke bagian riset di Apple. Kemudian, pada tahun 1990, Apple melakukan spin off untuk membentuk sebuah perusahaan bernama General Magic dan Rubin ikut di dalamnya. General Magic berfokus pada pengembangan perangkat genggam dan komunikasi. Para engineer yang gila kerja, termasuk Rubin tentunya, berhasil mengembangkan sebuah peranti lunak bernama Magic Cap. Sayangnya, Magic Cap tidak mendapat sambutan dari perusahaan handset dan telekomunikasi. Beberapa yang menerapkan Magic Cap hanya melakukannya sebentar. General Magic pun akhirnya hancur.

Beberapa pengembang di General Magic, bersama beberapa veteran Apple, kemudian mendirikan Artemis Research. Perusahaan ini mengembangkan sesuatu bernama webTV, sebuah upaya awal untuk menggabungkan Internet dengan televisi. Rubin bergabung dengan Artemis untuk ikut mengembangkan webTV tersebut. Saat Microsoft membeli Artemis, di 1997, Rubin pun ikut bergabung dengan perusahaan raksasa itu. Episode gila khas Rubin kembali terjadi di Microsoft. Rubin membangun sebuah robot yang dilengkapi kamera untuk mengerjai rekan-rekannya. Gilanya, robot itu terhubung ke Internet dan pada satu insiden sempat dibobol oleh pihak di luar Microsoft. Pada tahun 1999, Rubin keluar dari webTV (dan artinya, ia tak lagi menjadi kar­yawan Microsoft). Ia kemudian me­nyewa sebuah toko di Palo Alto, California, dan menyebut toko itu sebagai laboratorium.

Di tempat yang penuh dengan berbagai mainan robot koleksi Rubin, lahirlah sebuah ide untuk produk baru. Bersama beberapa rekannya, Rubin kemudian mendirikan Danger Inc. Sukses diraih Danger melalui sebuah perangkat bernama Sidekick. Aslinya, perangkat ini dinamai Danger Hiptop, namun di pasaran ia dikenal sebagai T-Mobile Sidekick.

“Kami ingin membuat sebuah perangkat, kira-kira seukuran batang cokelat, dengan harga di bawah 10 dolar dan bisa digunakan untuk men-scan sebuah benda serta mendapatkan informasi soal benda itu dari Internet. Lalu, tambahkan perangkat radio dan transmiter, jadilah Sidekick,” tutur Rubin soal Sidekick.

Saat ini, Sidekick memang sudah terlihat usang, namun pada masanya, Sidekick adalah sebuah benda yang ganjil dengan konsep teknologi yang melampaui zaman. Perangkat itu, menurut Rubin, merupakan pengakses data dengan kemampuan telepon. Ketika muncul di pasaran, Sidekick harus menghadapi kenyataan bahwa PDA sedang kehilangan pasar. Namun, Rubin menegaskan bahwa Sidekick bukanlah PDA.

“Seharusnya, orang-orang bukan bertanya apakah ini PDA atau ponsel. Mereka harusnya bertanya, apakah ini platform untuk pengembang pihak ketiga? Ini adalah hal yang baru. Ini adalah untuk pertama kalinya sebuah ponsel dijadikan platform untuk pengembang pihak ketiga,” kata Rubin.Sekarang, apa yang dikatakan Rubin bukan hal aneh lagi. Lihat saja Apple de­ngan jutaan aplikasi pihak ketiga yang hadir di iPhone. Hal lain yang dilakukan Danger, yang pada masa itu belum terpikirkan, adalah menjembatani antara pembuat handset dengan penyedia jaringan. Danger memutuskan untuk berbagi keuntungan dengan T-Mobile dalam layanan Sidekick. Dengan demikian, Danger tak me­ngandalkan penjualan handset sebagai sumber penghasilan satu-satunya, namun juga dari layanannya. Ini membuat perusahaan pembuat perangkat (Danger) memiliki tujuan yang sama dengan penjual perangkat (operator telekomunikasi T-Mobile).Rubin meninggalkan Danger pada tahun 2004. Pada2008, perusahaannya itu dibeli oleh Microsoft. Sangraksasa rupanya tertarik untuk memasuki bisnis ponsel dengan lebih a­gresif lagi. Nilai yang ditawarkan pun tidak tanggung-tanggung. Menurut kabar yang beredar Microsoft membeli Danger de­ngan harga 500 juta dolar. Namun, pembelian Danger oleh Microsoft ternyata tidak membawa hasil yang berbunga-bunga. Para eksekutif yang tersisa dari Danger digabungkan oleh Microsoft ke dalam Mobile Communication Business, dari divisi Entertainment dan Devices. Kemudian, mereka diminta mengembang sebuah ponsel yang dikenal dengan sebutan Project Pink. Targetnya, ponsel ini harus bisa menjadi pesaing iPhone dan BlackBerry. Menurut ComputerWorld, Project Pink menderita penyakit klasik di sebuah per­usahaan besar. Karena proyeknya cukup bergengsi, ia diperebutkan oleh beberapa pihak. Dan lebih parahnya lagi, perkembangannya makin melenceng dari yang diinginkan. Contohnya, awalnya ponsel itu akan dikembangkan dengan basis Java namun kemudian diminta untuk menggunakan sistem operasi Microsoft.

Sayangnya, Windows Phone 7 yang seharusnya bisa digunakan untuk Project Pink, belum siap. Walhasil, saat diluncurkan, ponsel yang akhirnya bernama Microsoft Kin ini menggunakan sistem operasi Windows untuk ponsel yang “lawas”. Sambutan pasar yang dingin pun membuat Kin akhirnya harus ditutup, hanya beberapa bulan sejak diluncurkan. Nasib layanan Sidekick, yang diwarisi Microsoft dari Danger, juga tak terlalu baik. Dalam satu insiden, yang masih belum diketahui pasti apa penyebabnya, pelanggan Sidekick tiba-tiba kehilangan semua data mereka. Satu hal yang perlu diketahui, semua data pada Sidekick memang disimpan ‘di awan’ (dalam hal ini pada server yang dikelola Microsoft dan bisa diakses melalui Internet). Nah, ketika server itu mengalami gangguan, semua data pengguna Sidekick pun lenyap.

Pada awal tahun 2002, Rubin sempat memberikan sebuah kuliah di Stanford mengenai pengembangan Sidekick. Karena, meski penjualan Sidekick di pasaran tak meledak, perangkat itu dinilai cukup baik dari sisi engineering. Sebuah kebetulan bahwa Larry Page dan Sergei Brin, pendiri Google, ikut hadir dalam kuliah tersebut. Selepas kuliah, Page menemui Rubin untuk melihat Sidekick dari dekat. Rupanya, Page melihat, perangkat itu menggunakan search engine Google. “Keren,” ujar Page. Ini adalah sebuah titik tolak bagi Page untuk sebuah ide yang dalam beberapa tahun kemudian akan terwujud, sebuah ponsel Google. Kurang lebih dua tahun setelah itu, Rubin telah meninggalkan Danger dan mencoba melakukan hal-hal baru. Termasuk di antaranya mencoba memasuki bisnis kamera digital sebelum akhirnya ia mendirikan Android.

 

Rubin menginkubasi Android saat ia menjadi enterpreneur-in-residence bersama perusahaan modal ventura Redpoint Ventures di 2004. “Android berawal dari satu ide sederhana, sediakan platform mobile yang tangguh dan terbuka sehingga bisa mendorong inovasi lebih cepat demi keuntungan pelanggan,” ujar Rubin. Pada Juli 2005, 22 bulan setelah Android berdiri, perusahaan itu ditelan oleh raksasa Google. Rubin pun memilih untuk bergabung dengan Google. Ketika membeli Android Inc., Google tidak menyebutkan dengan rinci berapa harga yang dibayarkan dan apa yang i­ngin dilakukannya dengan perusahaan itu. Bahkan, Google menyebut pembelian itu sebagai akuisisi terhadap sumber daya manusia dan teknologinya saja. Selain Andy Rubin, Google memang meraup banyak orang-orang brilian dari Android. Ini termasuk Andy McFadden (pengembang WebTV bersama Rubin, dan juga pengembang Moxi Digital); Richard Miner (mantan Vice President di perusahaan telekomunikasi Orange); serta Chris White (pendiri Android dan perancang tampilan serta interface WebTV).

 

Bersama Google, Android diberi kekuatan ekstra. Perusahaan asal Mountain View, California itu kemudian membentuk Open Handset Alliance untuk mengembangkan perangkat bagi Android.

 

“Google tak bisa melakukan segalanya. dan kami tidak perlu itu. Itulah mengapa kami membentuk Open Handset Alliance dengan lebih dari 34 rekanan,” ujar Rubin.

 

Perangkat Android yang hadir pasaran memang bukan buatan Google. Petarung kelas berat Android termasuk Motorola, Samsung, dan HTC masing-masing melemparkan ponsel Android andalan mereka ke pasaran.

 

“Sekadar melemparkan peranti lunak tidaklah cukup,” Rubin menjelaskan, “Anda perlu handset yang dikembanglan untuk peranti lunak ini dan penyedia jaringan yang mau memasarkannya.”Di AS, Motorola Droid jadi salah satu senjata Verizon Wireless melawan AT&T dengan iPhone-nya. Sedangkan Nexus One, ponsel Android Google buatan HTC, hadir tanpa “ikatan dinas” pada satu operator tertentu.

Kehadiran Android nampaknya beru­saha menggoyang dominasi pasar ponsel di AS. Di Indonesia, Android pun nampak siap jadi primadona setelah muncul de­ngan gegap gempita dalam Indonesia Celullar Show 2010.

“Saya tahu bakal ada FUD (fear, uncertainty, doubt). Namun, kami telah melihat beberapa kompetitor mengikuti apa yang kami lakukan. Jadi sepertinya, kami memang di jalan yang benar,” ujar Rubin.

Dari kasus sejarah tersebut bahwa bisa dilihat bukan hanya perkembangan OS saja yang semakin pesat tetapi juda semakin pesatnya perkembangan perangkat lunak software dan juga hardware perangkat keras dengan seiring perkembangan jaman dan teknologi mugkin manusia akan lebih mudah menggunakan bahkan membuat suatu alat teknologi yang membuat pekerjaan manusia semakin mudah segala pekerjaan akan dikerjakan oleh komputer dan robot dan manusia hanya akan bisa mengontrol.


 

 

8.    8.  Richard Mathew Stallman



Stallman memperoleh gelar sarjana dalam bidang fisika dari Universitas Harvard pada tahun 1974. Pada tahun 1971, sebagai mahasiswa baru di Harvard, ia mulai bekerja di Laboratorium Kecerdasan Buatan (kemudian Lab Ilmu Komputer & Kecerdasan Buatan) di Institut Teknologi Massachusetts (MIT). Di sana dia menulis editor teks Emacs dalam bahasa pemrograman komputer C bersama James Gosling (yang kemudian mengembangkan Java ).

Pada tahun 1983 Stallman mulai bekerja di waktu pribadinya Proyek GNU , atau sistem operasi GNU . GNU dimaksudkan sebagai versi gratis dari AT&T 's UNIX , dan nama GNU dibuat sebagai akronim rekursif dari G NU n ot U NIX. Salah satu "peretas" terakhir, pemrogram komputer yang sangat percaya pada modifikasi bebas dan berbagi kode komputer, Stallman meninggalkan MIT pada tahun 1984 karena kekhawatiran tentang perubahan pada hak cipta perangkat lunak universitasaturan; namun, ia kemudian kembali sebagai ilmuwan tamu. Pada tahun 1985 Stallman mendirikan Yayasan Perangkat Lunak Bebas nirlaba, yang awalnya berfokus untuk mendukung Proyek GNU miliknya. Pada tahun 1990 ia dianugerahi persekutuan MacArthur, yang disebut "penghargaan jenius" yang memberikan penerima gaji finansial yang besar tanpa pamrih. Penghargaan tersebut membantu membebaskan Stallman untuk menulis berbagai utilitas untuk Proyek GNU, seperti editor GNU Emacs, kompiler GNU , dan debugger GNU, yang nantinya akan digabungkan dengan kernel yang dikembangkan oleh Linus Torvalds , seorang mahasiswa ilmu komputer Finlandia , untuk menghasilkan GNU / Linux, atauLinux , sistem operasi pada tahun 1994. Manual GNU Emacs Stallman , yang telah melalui banyak revisi, tersedia gratis dari situs Web GNU .

Dengan dirilisnya sistem operasi gratis, Stallman dan Free Software Foundation berfokus pada promosi perangkat lunak bebas dan pengembangan GNU General Public License (GNU GPL), yang umumnya dikenal sebagai perjanjian copyleft , yang memberikan cara kepada pengarang agar karya mereka dapat dimodifikasi tanpa melepaskannya ke domain publik.

Pada tahun 1999 Stallman menerbitkan “The Free Universal Encyclopedia and Learning Resource,” sebuah makalah yang menyerukan pembuatan ensiklopedia sumber terbuka. Hampir segera setelah dia mendirikan Proyek GNUpedia, proyek ensiklopedia sumber terbuka lainnya,Nupedia , pendahulu Wikipedia , muncul dan mengadopsi Lisensi Dokumentasi Gratis GNU, sehingga pekerjaan pada Proyek GNUpedia digabungkan ke dalam Nupedia .

Sesuai dengan akar peretasnya, Stallman terus mempromosikan perangkat lunak bebas di seluruh dunia, meskipun keberhasilannya terbatas dalam meyakinkan pemerintah untuk beralih sepenuhnya ke perangkat lunak bebas. Dia adalah salah satu orang utama yang diwawancarai dan diprofilkan dalam film dokumenter tahun 2001 Revolution OS oleh sutradara Amerika JTS Moore.

Pada September 2019, Stallman menuai kontroversi setelah mencoba mendiskreditkan tersangka korban Jeffrey Epstein, seorang terpidana pelaku kejahatan seks. Belakangan bulan itu Stallman mengundurkan diri dari MIT dan Free Software Foundation.

sama hallnya Stallman juga sebagai tokoh yang sangat penting dalam perkembangan perangkat lunak seiring perubahan jaman perangkat lunak banyak digunakan di berbagai teknologi industri disini serta di segala bidang kehidupan terbukti bahwa software komputer juga mengalami banyak kemajuan

dan banyak digunakan sesuai kebutuhan di masa modern sekarang ini misalnya saja softwware untuk desain gambar, software untuk mengedit video, software untuk melihat perubahan kesehatan, hingga software untuk mengingatkan kita tentang suatu acara. Dengan makin banyaknya softare komputer yang semakin berkembang dari waktu ke waktu tentu saja akan semakin mempermudah pekerjaan manusia.

 

 

9. Steven Wozniak



Stephen Wozniak (Bahasa Polandia: Woźniak, nama panggilan (The) Woz atau Wizard of Woz) (lahir 11 Agustus 1950) adalah pendiri Apple Computer (dengan Steve Jobs). Ia dianggap sebagai pelopor dari masuknya komputer ke dalam kehidupan rumah pribadi. Walaupun kontribusinya hanya dalam bentuk kumpulan ide-ide jitu yang secara tidak sengaja bersamaan dengan siapnya teknologi untuk pembuatan komputer massal, kecerdasan dan kreatifitasnya yang tak terbatas membuat dia menjadi orang yang tepat untuk diakui sebagai pemrakarsa revolusi komputer pribadi. Wozniak menciptakan Apple II, komputer pribadi terakhir yang benar-benar didisain oleh satu orang saja.

Pada bulan Januari 2007, ia meluncurkan buku iWoz (ISBN 0393061444) yang berisi perjalanan hidup dan kariernya.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Steve Wozniak berasal dari keluarga kalangan eknomi menengah ke bawah. Ayahnya adalah adalah seorang insinyur di Lockheed Martin. Sejak kecil ia memiliki ketertarikan terhadap benda elektronik, yang membawanya kepada kemampuan hacking. Selain itu, bakatnya bisa ditelurusi dari hobi mengutak-atik aljabar dan algoritma matematika.

Pertemuan dengan Steve Jobs[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1975, Steve Wozniak bekerja di Hewlett-Packard dan membantu teman-Nya Steve Jobs mendesain video game untuk Atari. Dari keuntungan yang diperoleh, mereka menggunakannya untuk membeli sebuah computer yang sangat sederhana, salah satu produk dari Call Computer pimpinan Alex Kamradt untuk dipelajari mekanismenya. Setelah melihat wacana mengenai membangun terminal computer sendiri pada suatu majalah berjudul Popular Electronics terbitan tahun 1975, double steve tersebut merakit sendiri komputer dengan spare part yang ada. Computer Conversor yang dirakit tersebut terdiri dari 24 baris dan 40 kolom, hanya menggunakan huruf capital, menggunakan monitor berupa video teletype dan dapat terhubung dengan Call Computer. Alex Kamradt menanggapi positif hal ini dan bekerja sama dengan Steve Wozniak untuk menjual produk jadinya melalui firma dagang yang dimiliki Kamradt. Pada tahun 1975, Wozniak mulai menghadiri pertemuan di Homebrew Computer Club. Pada pertemuan tersebut Microcomputers baru seperti Altair 8800 dan IMSAI menginspirasinya untuk menggunakan mikroprosesor ke dalam video teletype dan lengkaplah computer yang ia rancang.

Pada saat itu hanya tersedia microcomputer CPU Intel 8080 senilai US $ 179 dan Motorola 6800 yang dibandrol US $ 170. Saat itu Wozniak berniat bekerja sama dengan Motorola, tetapi saat itu masih belum menemukan kata sepakat karena range harga yang diminta baik Intel maupun Motorola saat itu jauh dari range budget mereka. Namun Wozniak tak menyerah. Ia melihat, mempelajari dan mendesain skema computer pada kertas. Dalam benaknya, membuat CPU hanyalah tinggal menunggu hari saja.

Ketika MOS Technology 6502 chip (sekarang baterai CMOS) dirilis dengan kisaran harga US $ 20 pada tahun 1976, Wozniak membuat program yang sesuai untuk chip tersebut dengan bahasa BASIC dan mulai mendesain computer yang mampu menjalankannya. MOS 6502 didesain oleh orang yang sama dengan orang yang membuat Motorola 6800, karena banyak pekerja di Silicon Valley yang mendirikan atau membuat usaha sendiri sebagai sampingan.Wozniak melakukan sedikit perubahan kecil agar chip baru tersebut dapat berjalan dengan baik. Wozniak menyempurnakan penemuaanya dan membawanya ke pertemuan Homebrew Computer Club sebagai show off.

Mendirikan Apple Computer[sunting | sunting sumber]

Pada pertemuan tersebut, Wozniak bertemu teman lamanya Steven Jobs yang sama-sama tertarik terhadap potensi komersial dari hobi computer tersebut.Setelah itu Jobs melakukan pendekatan dengan toko computer local, The Byte Shop yang pada akhirnya setuju untuk menjual produk Jobs. Namun dengan catatan, komputer yang dibuat harus dirakit dengan baik menjadi satu kesatuan utuh (assembled). Pemiliknya, Paul Terrell, menyampaikan bahwa ia akan memesan 50 mesin computer dan membayar US $ 500 pada setiap pengiriman. Jobs mengamini tawaran tersebut dan menghubungi Cramer Electronics, distributor peralatan elektronik skala nasional sebagai media partnernya. Inilah awal dirancangnya Apple I yang menjadi pondasi perkembangan produk-produk Apple

Menciptakan Apple I[sunting | sunting sumber]

The Apple I, juga dikenal sebagai Apple-1, merupakan awal komputer pribadi dan dibilang sebagai biangnya atau nenek moyangnya dari semua komputer APPLE pada masa selanjutnya. Komputer ini dirancang dan dibangun secara hand made oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs-lah yang mempunyai ide penjualan komputer. Produk Apple pertama ini pertama kali ditunjukkan ke publik pada April 1976 di Homebrew Computer Club di Palo Alto, California dan mulai dijual pada Juli 1976 dengan harga $ 666.66

Menciptakan Apple II[sunting | sunting sumber]

Berbeda halnya dengan Apple I yang masih menggunakan kayu sebagai casingnya, Apple II telah melakukan up grade berbeda dengan menggunakan casing dari bahan metal. Apple II diluncurkan pada April 1977, dan ditujukan untuk kebutuhan personal. Apple II ini telah mendukung Graphic, Bahasa BASIC, Visical (dengan Excel sebagai jendelanya), dan dilengkapi dengan game Oregon Trail. Apple II ini juga dilengkapi dengan twin floppy disk drive dan monitor. Apple II juga memiliki fitur yang terintegrasi keyboard, suara, plastik kasus, dan delapan internal slot ekspansi.

Apple III[sunting | sunting sumber]

Pada awal tahun 1980-an, Apple Computer menghadapi meningkatnya kompetisi dari perusahaan lain. Saingan Utama Apple Computer adalah Commodore. Namun hal tersebut tak berlangsung lama, setelah produsen computer tingkat mainframes, IBM, memasuki pasar. Walaupun Apple II telah dinyatakan siap platform karena Visicalc, Apple tetap menyiapkan Apple III untuk menyaingi IBM versi PC

Pada Desember 1979, Steve Jobs dan teknisi grup komputer Apple melakukan tur ke laboratorium Xerox PARC dan dengan disaksikan peneliti dari Xerox, mereka mendemonstrasikan GUI (Graphic User Interface) pada computer Alto. Pada saat itu Steve Jobs menyadari pentingnya GUI pada computer masa depan daripada menggunakan interface berbasis teks (misalnya, perbandingan perintah dengan command prompt dibandingkan dengan perintah pada layar windows yang lebih nyaman) Dalam pakta kerja samanya Xerox memberika akses pada Apple untuk menggunakan fasilitas yang dimiliki oleh Xerox selama 3 hari sebagai kompensasi nilai tukar saham yang kala itu mencapai $ 1.000.000. Selama masa itu, para ilmuwan Apple mempelajari liku-liku dari GUI atau interface WIMP sehingga menghasilkan computer Apple yang pertama kali berbasis GUI dan diberi nama LISA (konon nama ini berasal dari putri pertama Steve Jobs yang merupakan kepanjangan dari Locally Integrated Software Architecture) Hanya saja, Local Intregated Software Architecture atau LISA bisa dibilang sebagai produk gagal APPLE karena walaupun LISA sudah dilengkapi dengan mouse dan GUI (Graphical User Interface), LISA dibandrol dengan harga sangat mahal, sekitar $10,000 dan LISA tidak Compatible dengan produk sebelumnya yaitu Apple II sehingga gagal melakukan penetrasi pasar.

Keluar dari Apple[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Februari 1981, Wozniak mengalamikecelakaan ketika pesawat pribadi yang dipilotinya jatuh saat lepaslandas dari Santa Cruz Sky Park. Pemulihannya berlangsung selama dua tahun, karena ia menderita berbagai cedera dan amnesia. Setelah kecelakan itu dan pemulihan selanjutnya, Wozniak melanjutkan untuk membuat banyak usaha baru setelah Wozniak mengakhiri kerjanya di Apple pada tahun 1987. Diantaranya adalah CL 9 yang merupakan perusahaan yang bertanggung jawab untuk kontrol jarak jauh universal pertama yang diprogram.

Disebut sebagai salah "satu insinyur Silicon Valley yang paling kreatif", pada tahun 1990 ia bergabung dengan Mitchell Kapor membangun Electronic Frontier Foundation, sebuahorganisasi yang menyediakan bantuan hukum bagi hacker komputer menghadapi tuntutn pidana. Wozniak juga mendirikan Wheel of Zeus (Woz) pada tahun 2001, usaha yang dimulai dengan tujuan untuk mengembangkan teknologi nirkabel GPS.

 

10.  Steven Paul Jobs



Steven Paul Jobs lahir di California, Amerika Serikat pada tanggal 24 Februari 1955. Steve Jobs memiliki ayah bernama Abdulfattah Jandali mahasiswa tamu dari Syria yang kemudian menjadi profesor ilmu politik. Ibunya bernama memiliki ibu bernama Joanne Simpson.

Sejak bayi Steve Jobs diadopsi Paul dan Clara Jobs yang tinggal di Santa Clara County California. Orang tua angkat inilah yang memberikan nama Steve Jobs. Orang tua biologisnya kelak menikah dan memberinya adik perempuan bernama Mona Simpson yang kini terkenal sebagai novelis.

Steve Jobs melewati sekolah menengah pertama dan menengah atas di Curpetino, Califonia. Dikisahkan ia seringkali setelah jam sekolah mengajar di Hewlett Packard Company di Palo Alto, California. Maka tak heran segera setelah itu ia dan Steve Wozniak segera menjadi pekerja paruh waktu di perusahaan ini.

Di tahun 1972, Jobs lulus dari SMA Homestead di Cupertino, California dan diterima di Reed College di Portland, Oregon, tapi dikeluarkan/ drop out setelah satu semester. Tapi ia segera mendaftar ke Reed College, salah satu hal yang dipelajari di sini kaligrafi.

…Jika saya tak pernah dikeluarkan dari tempat belajar hanya satu semester mungkin Mac saat ini tak akan memiliki multiple typefaces atau font-font yang proposional –  Steve Jobs

Di musim gugur tahun 1974, Steve Jobs kembali ke California dan mulai menghadiri pertemuan “Homebrew Computer Club” dengan Steve Wozniak.

Steve Jobs dan Wozniak bersama bekerja di Atari Inc., sebuah perusahaan pembuat permainan komputer yang terkenal, dengan jabatan sebagai perancang permainannya. Motivasinya saat itu adalah mengumpulkan uang untuk melakukan perjalanan spiritual ke India.

Steve Jobs kemudian melakukan perjalanan pencerahan spritual ke India bersama temannya di Reed College, Daniel Kottke, yang kemudian hari menjadi pegawai Apple yang pertama.

Kembali dari India dia menjadi Buddhist dengan rambut dicukur/gundul dan mengenakan pakaian tradisional India (biksu?).

Selama masa ini ia mempraktekkan psychedelics (semacam meditasi, saat itu Jobs sering dianggap aneh, karena berjalan telanjang kaki di atas Salju- ini semacam meditasi kesadaran). Ini adalah dua atau tiga hal yang paling penting dalam hidup yang pernah ia lakukan dalam hidupnya.

Mendirikan Apple Computer

Dalam biografi steve Jobs diketahui bahwa, Di tahun 1976, Steve Jobs pada usia 21, dan Seteve Wozniak pada usia 26 tahun mendirikan Apple Computer Co. di garasi milik keluarga Jobs. Komputer pribadi yang diperkenalkan Jobs and Wozniak diberi name Apple I.

Komputer itu dijual dengan harga AS$666.66, sebagai referensi terhadap nomor telpon dari Wozniak’s Dial-A-Joke machine, yang berakhir dengan -6666.

Di tahun 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II, yang menjadi sukses besar di pasaran rumah tangga dan memberi Apple pengaruh besar di industri komputer pribadi yang masih muda.

Di tahun 1980, Apple Computer mencatatkan namanya di bursa efek, dan dengan penawaran saham awal yang sukses, ketenaran Jobs bertambah. Tahun itu juga, Apple Computer melepas Apple III, walaupun kesuksesannya tidak sebaik sebelumnya.

Seiring dengan berkembangnya Apple Computer, perusahaan itu mulai mencari kepemimpinan baru untuk membantu mengatur perkembangan perusahaan tersebut.

Di tahun 1983, Jobs menggaet John Sculley, dari perusahaan Pepsi-Cola, untuk memimpin Apple Computer, dengan tantangan, “Apakah kamu mau menjual minuman berkarbon seumur hidupmu, atau maukah kamu mengubah dunia?” (Do you want to just sell sugared water for the rest of your life, or do you want to change the world?).

Tahun itu juga, Apple juga mengeluarkan Apple Lisa yang teknologinya tergolong sangat maju pada saat itu tapi gagal meraih pembeli di pangsa pasar.

Tahun 1984 menjadi tahun pengenalan Macintosh, komputer pertama yang berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis.

Pengembangan Mac dicetuskan oleh Jef Raskin dan tim tersebut menggunakan teknologi yang sudah dikembangkan bukan oleh Apple, seperti di Xerox’s PARC.

Tetapi belum sempat dikomersialkan. Kesuksesan Macintosh membuat Apple menelantarkan Apple II demi mengembangkan produksi Mac, yang bertahan sampai saat ini.

Steve Jobs Keluar dari Apple Computer

Walaupun Jobs sangat persuasif dan karismatik bagi Apple, Banyak yang menganggap dia sebagai pemimpin yang gampang berubah pikiran dan beremosi tinggi.

Di tahun 1985, setelah banyak menyebabkan masalah kepemimpinan di dalam Apple, Sculley memberhentikan Jobs dari jabatannya dan mengusirnya dari Apple.

Dalam biografi Steve Jobs diketahui bahwa Setelah keluar dari Apple, Jobs mendirikan sebuah perusahaan komputer lagi, NeXT Computer yang seperti Lisa, NeXT tergolong sangat maju dalam hal teknologi, tetapi tidak pernah menjadi terkenal, kecuali di lingkup riset sains.

(Tim Berners-Lee mengembangkan sistem World Wide Web di CERN dengan menggunakan sebuah NeXT workstation.) Namun NeXT membantu memajukan teknologi-teknologi sepert program object-oriented, PostScript, dan perangkat magneto-optical.

Kembali ke Perusahaan Apple

Di tahun 1996, Apple membeli NeXT seharga AS$402 juta, dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan. Di tahun 1997 ia menjadi pemimpin sementara di Apple setelah kepergian Gil Amelio.

Dengan pembelian NeXT, banyak teknologi dari NeXT diterapkan ke dalam produk buatan Apple, terutama NeXTSTEP, yang berkembang menjadi Mac OS X. Dibawah bimbingan Jobs perusahaan tersebut meningkatkan penjualannya setelah memperkenalkan iMac.

iMac merupakan komputer pertama yang dijual dengan mengutamakan penampilannya (walaupun iMac juga banyak menggunakan teknologi maju di dalamnya). Sejak saat itu, penampilan yang menarik dan merek yang terkenal telah memberikan keuntungan bagi Apple.

Belakangan ini, Apple mulai mengembangkan sayapnya. Dengan pengenalan iPod alat musik portabel, piranti lunak iTunes, dan iTunes Music Store, perusahaan tersebut melakukan gebrakan di bidang peralatan elektronik pribadi dan musik online.

Sambil merangsang inovasi, Jobs juga mengingatkan bawahannya bahwa, “artis tulen membuahkan hasil,” (real artists ship) yang maksudnya adalah, menghasilkan karya-karya dengan tepat waktu sama pentingnya dengan inovasi dan produk jitu.

Sosok Kesuksesan Perusahaan Apple

Jobs bekerja di Apple selama beberapa tahun dengan gaji AS$1/tahun. Karenanya dia tercatat di buku Guinness World Records sebagai “pemimpin perusahaan dengan gaji terendah” (Lowest Paid Chief Executive Officer).

Setelah Apple mulai meraih laba penjualan kembali, perusahaan tersebut melepaskan gelarnya sebagai pemimpin sementara. Saat ini penghasilannya di Apple adalah AS$219 juta, menurut sebuah artikel yang ditulis di situs Bloomberg di tahun 2003.

Jobs sangat dikagumi karena keahliannya untuk meyakinkan orang dan menjadi salesman unggul, yang sering dijuluki reality distortion field dan hal ini tampak nyata saat ia memberikan keynote speeches di Apple expos.

Namun, kegigihannya juga pernah mengundang sial. Kekerasan kepalanya mungkin telah menyebabkan Apple kehilangan kesempatan emas untuk menjadi pemimpin di bidang komputer pribadi.

Keenganannya untuk membiarkan perusahaan lain membuat komputer yang kompatible dengan Macintosh mengakibatkan Apple harus menelan kekalahan dalam merebut pengguna komputer yang ada.

Perusahaan piranti keras dan lunak akhirnya memutuskan untuk mengadopsi platform IBM PC yang menggunakan sistem operasi buatan Microsoft. Microsoft kemudian juga mengejar ketinggalannya dari Apple dengan mengembangkan antarmuka pengguna grafis buatan mereka sendiri, Microsoft Windows.

Mendirikan Pixar Studio

Di tahun 1986 Jobs mendirikan (bersama Edwin Catmull) Pixar, sebuah studio animasi komputer di Emeryville, California. Perusahaan itu didirikan dari apa yang dahulunya divisi grafik komputer milik Lucasfilm, yang Jobs beli dari pendirinya, George Lucas, sebesar AS$10 juta.

Satu dekade kemudian, Pixar berkembang menjadi terkenal dan berhasil dengan film terobosannya Toy Story. Sejak saat itu Pixar sudah membuahkan film-film yang memenangkan Academy Award yaitu Finding Nemo dan The Incredibles.

Karena kepemimpinannya di Pixar dan juga kemapanannya di Apple, Jobs dianggap oleh banyak pengamat industri hiburan salah satu calon pengganti Michael Eisner sebagai pemimpin dari The Walt Disney Company, yang mendistribusikan dan mendanai film-film buatan Pixar.

Pada tanggal 25 agustus 2011, Pendiri sekaligus presiden (CEO) Apple Inc,, Steven Paul Jobs akhirnya resmi memutuskan untuk mengundurkan diri. Tetapi dirinya masih dikenang oleh masyarakat dunia karena karya – karyanya.

Mulai tahun 1976 ia mengeluarkan Apples l. Karya – karyanya terus berkembang sampai terakhir tahun 2010 ia mengeluarkan iPad yang sempat menghebohkan dunia.

Steve Jobs meninggal pada usia 56 tahun. Setelah bergulat dengan kanker pangkreas yang telah mengerogoti tubuhnya selama beberapa tahun terakhir. Berita “Steve Jobs meninggal” ini diumumkan oleh pimpinan Apple pada rabu malam 5 Oktober 2011.

Ikon Lembah Silikon ini dikenang atas jasanya menghibur dunia dengan iPod iPhone dan yang terakhir adalah iPad. Agustus lalu, dia baru saja menyerahkan posisi CEO kepada Tim Cook.

Steve Jobs sendiri dikenal sebagai legenda di Apple bahkan bisa dibilang maestro teknologi yang paling inovatif abad ini. Slamat jalan sang maestro.

Dengan melihat ini semua maka dengan seiring perkembangan jaman juga akan banyak nanti perusahaan perangkat keras yang muncul maupun perangkat lunak juga seiring kebutuhan manusia yang semakin meningkat maka dari itu jaman akan diubah seiring aktu dengan kejanggihan teknologi

3.        

BAB 1 UNIX

1.1         Sejarah

Sistem operasi Unix bermula dari MULTICS (Multiplexed Operating and Computing System). Proyek ini dimulai dari pertengahan 1960-an sebagai kolaborasi antara General Electric, Massachusetts Institute for Technology dan Bell Laboratories. Pada tahun 1969 Bell Laboratories menarik diri dari proyek tersebut.

Salah satu orang dari Bell Laboratories yang terlibat dalam proyek ini adalah Ken Thompson. Dia suka dengan potensi MULTICS ini, tetapi merasa proyek ini terlalu rumit. Dia merasa dapat melakukan project ini dengan cara yang lebih sederhana. Pada tahun 1969 ia menulis versi pertama Unix, yang disebut UNICS. UNICS adalah singkatan dari Uniplexed Operating and Computing System. Meskipun sistem operasinya telah berubah, namanya macet dan akhirnya disingkat menjadi Unix.

Ken Thompson bekerja sama dengan Dennis Ritchie, yang menulis kompiler C pertama. Pada tahun 1973 mereka menulis ulang kernel Unix di C. Tahun berikutnya versi Unix yang dikenal sebagai Edisi Kelima pertama kali dilisensikan ke universitas. Edisi Ketujuh, dirilis pada tahun 1978, berfungsi sebagai titik pemisah untuk dua jalur pengembangan Unix yang berbeda. Kedua cabang ini dikenal sebagai SVR4 (Sistem V) dan BSD.

Ken Thompson menghabiskan satu tahun cuti panjang dengan University of California di Berkeley. Sementara di sana dia dan dua mahasiswa pascasarjana, Bill Joy dan Chuck Haley, menulis Unix versi Berkely pertama, yang dibagikan kepada mahasiswa. Hal ini mengakibatkan kode sumber sedang dikerjakan dan dikembangkan oleh banyak orang yang berbeda. Unix versi Berkeley dikenal sebagai BSD, Berkeley Software Distribution. Dari BSD datang editor vi, shell C, memori virtual, Sendmail, dan dukungan untuk TCP/IP.

Gambar 1.1 Keluarga Unix

 

1.2         Cara Kerja

Sistem operasi Unix pada dasarnya terdiri dari kernel dan shell. Kernel adalah bagian yang menjalankan fungsi dasar sistem operasi seperti mengakses file, mengalokasikan memori, dan menangani komunikasi.

Shell menyediakan antarmuka pengguna ke kernel. Sejumlah shell tersedia di sistem operasi Unix termasuk shell Bourne dan shell C. Shell pada dasarnya adalah program ekstensif yang berjalan sepanjang waktu Anda masuk ke komputer, dan menyediakan antarmuka interaktif antara pengguna dan fungsi komputer. Shell C adalah shell default untuk pekerjaan interaktif di banyak sistem Unix. Ini akan dibahas dalam dokumen ini.

 

1.3         Kelebihan

1.      Ecommerce

Banyak toko online besar menggunakan server UNIX atau Linux untuk meng-host situs web mereka. UNIX juga digunakan untuk mengelola ponsel dan mesin elektronik.

 

2.      Portable

Karena UNIX dibuat dari menggunakan bahasa C sehingga merupakan OS yang sangat portabel. Anda dapat menggunakan OS ini di komputer PC atau MAC apa pun. C adalah bahasa yang sangat populer dan sebagian besar programmer dapat bekerja dengan mudah dalam bahasa ini. Anda dapat berkomunikasi dengan perangkat keras dengan menggunakan bahasa C.

 

3.      Memory usage

UNIX menggunakan lebih sedikit memori saat menjalankan program canggih. UNIX OS dapat menangani memori virtual dengan baik. Memori virtual berkembang karena lebih banyak program masuk ke memori utama. Sebagian besar tugas di UNIX dilakukan dengan menggunakan lebih sedikit sumber daya.

 

4.      Less code to execute

Dalam GUI (antarmuka pengguna grafis), terkadang kita membutuhkan banyak klik mouse untuk melakukan beberapa tugas tertentu tetapi dalam kasus UNIX kita cukup menulis satu perintah di CLI (antarmuka baris perintah) dan tugas itu selesai.

 

5.      File yang digunakan di mana-mana

Semua jenis data disimpan dalam file yaitu semua perangkat dan terminal disimpan dalam file. Bekerja dengan file di OS menjadi cepat dan dapat dengan mudah dikelola oleh UNIX.

 

6.      Ideal untuk hosting web

Karena UNIX OS gratis dan aman sehingga banyak digunakan oleh perusahaan web hosting. Banyak server web hosting menggunakan utilitas seperti DNS (Domain Name Server), DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) dan server web.

 

7.      Aman dan nyaman

UNIX menyediakan platform yang aman dan terjamin di mana banyak pengguna dapat berinteraksi dengan server secara online tanpa masalah keamanan. Interaksi dengan server UNIX cepat dan tanpa bug. UNIX menggunakan UID dan GID untuk mengontrol izin bagi pengguna dan file diakses oleh pengguna melalui izin ini.

 

8.      Tidak perlu antivirus

Seperti yang Anda ketahui bahwa Chrome OS, macOS, Linux, Ubuntu dan android dikembangkan dengan menggunakan UNIX OS. OS ini dianggap aman dari virus apa pun. Anda tidak perlu memasang anti-virus apa pun di Chrome OS yang baru dibuat.

 

9.      Interaksi pengguna

Ada banyak server online, mesin listrik di mana interaksi pengguna tidak terlibat. UNIX adalah pilihan ideal untuk mesin dan perangkat di mana tidak ada atau lebih sedikit interaksi pengguna yang terlibat. UNIX dapat mengatur kerja otomatis sistem dengan sangat baik.

 

10.  Mendukung banyak pengguna

Di UNIX setiap pengguna membutuhkan kata sandi nama pengguna untuk menggunakan OS. Setiap file dilindungi dari penggunaan yang tidak sah. Beberapa pengguna dapat masuk ke sistem dan menggunakan OS sesuai kebutuhan. Anda bisa mengambil contoh server RDP (Remote Desktop Protocol) dan VPS (Virtual Private Server). Dalam RDP dan VPS, banyak pengguna dapat masuk ke sistem dan setiap login memberikan akses file pribadi kepada pengguna. Setiap pengguna memiliki sistem kontrol akses pengguna yang dengannya mereka dapat mengakses file dengan aman. Semua pengguna dapat membuka banyak aplikasi secara bersamaan dan sangat kecil kemungkinan sistem Anda akan mogok. Pemilik sistem dapat mengatur tingkat izin untuk semua pengguna dan kemudian setiap pengguna dapat mengakses file seperti yang ditetapkan oleh pemilik.

 

11.  String commands and utilities

Jika Anda ingin memasukkan teks ke dalam data biner dan mencoba mengambil teks, maka itu dilakukan dengan menggunakan perintah dan utilitas string. Anda dapat menggabungkan perintah kecil menjadi perintah kompleks dengan menggunakan perintah string. Ada lebih dari 400 perintah dan utilitas di UNIX yang dengannya Anda dapat melakukan semua jenis tugas.

 

12.  Terlihat sama dengan MS-DOS

Jika Anda memiliki pengalaman dalam menggunakan MS-DOS di windows maka menjadi mudah bagi Anda untuk menggunakan UNIX. Penggunaan perintah dan antarmuka pengguna sangat mirip dengan MS-DOS.

 

13.  Multitasking

Anda dapat membuka banyak program di OS UNIX dan semua program bekerja secara paralel menggunakan teknologi multiprosesor.

 

14.  Modular

Utilitas untuk UNIX dibuat dalam bentuk modular. Jika Anda seorang programmer maka Anda dapat membuat program kecil dalam bentuk modular dan kemudian menyatukan modul dan semua modul akan bekerja secara konsisten di seluruh sistem.

 

15.  Code readable

Karena sebagian besar kode ditulis dalam bahasa C dan tersedia sebagai sumber terbuka sehingga setiap pengguna dapat melihat dan memahami kode tersebut. Kode sumber ditulis dalam bahasa Inggris. Saya tahu kata-kata bahasa Inggris berbeda dari kode sumber tetapi jika Anda memahami dasar-dasar pemrograman dan juga mengerti bahasa Inggris maka Anda dapat dengan mudah menindaklanjuti kode dan mengubahnya.

 

16.  Banyak vendor

UNIX memiliki banyak vendor dan standar populer termasuk POSIX, AIX, dan HP-UX.

 

17.  Mempekerjakan ahli

Karena UNIX berusia lebih dari 50 tahun, maka ada banyak pengembang ahli yang tersedia yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah Anda di OS. Permintaan untuk pengembang UNIX juga tinggi karena sebagian besar aplikasi berbasis cloud berjalan di UNIX. Server online dan OS seluler seperti Android juga dikembangkan di UNIX.

 

18.  Tersedia banyak varian

Ada banyak jenis varian UNIX yang tersedia untuk OS UNIX. Jika Anda tidak nyaman menggunakan Linux maka Anda dapat menggunakan Ubuntu, Redhat atau macOS. Setiap OS UNIX memiliki beberapa jenis UI yang berbeda. Anda bebas menggunakan semua jenis OS UNIX.

 

19.  Digunakan banyak organisasi besar

UNIX digunakan di universitas, laboratorium penelitian, perguruan tinggi dan organisasi pemerintah yang besar. Banyak mahasiswa dan peneliti menggunakan UNIX untuk pembelajaran kode dan mendapatkan keahlian dalam menggunakan sistem operasi. UNIX dianggap sebagai OS pertama yang menggunakan editor layar penuh dan mengedit kode secara online oleh berbagai orang menjadi mudah di UNIX.

 

Beberapa fitur lain dari UNIX meliputi:

a.       UNIX gratis

b.      Sistem file bersifat hierarki sehingga akses dan pengambilan file menjadi mudah

c.       Performa UNIX lebih baik dari Windows NT

d.      Akses basis data yang stabil

e.       Penanganan internet dan intranet yang lebih baik di server

f.       Klien Internet dan server file dikelola dengan lebih baik menggunakan Java di UNIX

 

1.4         Kekurangan

1.      Tidak ramah pengguna

Pengguna pemula mengalami kesulitan dalam menggunakan UNIX. Sebagian besar pekerjaan di UNIX dilakukan dengan menggunakan perintah di CLI sehingga pemula harus mengingat jenis perintah yang berbeda. UNIX hanya dibuat untuk programmer dan bukan untuk pengguna pemula. Beberapa pengalaman orang juga merasa kesulitan dalam menggunakan perintah karena beberapa perintah sangat berbeda dengan namanya.

 

2.      Dokumentasi yang buruk

Tidak ada dokumentasi yang tepat yang tersedia untuk UNIX. Jika pengguna mendapat masalah maka dia harus berkonsultasi dengan beberapa ahli dan mendapatkan bantuan online dari dokumentasi sangat sulit. Jika Anda membandingkan ini dengan Windows dan macOS maka Anda akan mendapatkan dokumentasi yang tepat dan mudah untuk mengikuti yang tersedia secara online.

 

3.      Perintah samar

Sebagian besar perintah di UNIX menggunakan kata-kata samar. Sulit bagi pengguna biasa untuk mendapatkan ide tentang cara kerja perintah. Beberapa perintah menggunakan karakter khusus dan memahami perintah untuk programmer pemula menjadi sulit. Jika Anda menggunakan karakter yang salah dalam perintah maka sistem Anda akan mulai melakukan pekerjaan yang tidak diketahui yang juga dapat menghapus atau mengubah beberapa data dari komputer Anda. Beberapa perintah di UNIX bekerja dalam kombinasi perintah lain jadi jika Anda lupa perintah apa pun maka pekerjaan Anda tidak dapat diselesaikan.

 

4.      Learning curve tingi

Perintah di UNIX jauh lebih sulit daripada perintah di Windows MS-DOS dan macOS. Ini juga menjadi sulit untuk mengingat perintah. Anda harus melalui dokumentasi setiap kali Anda harus menggunakan perintah yang rumit. OS UNIX baru hadir dengan GUI tetapi tetap saja, sebagian besar pekerjaan dilakukan menggunakan CLI. Aplikasi dan perangkat lunak di UNIX juga tidak terlalu populer dan Anda harus mempelajarinya sebelum menggunakan perangkat lunak ini.

 

Beberapa kelemahan lain dari UNIX meliputi:

a.       Beberapa driver tidak tersedia untuk perangkat lunak

b.      UI UNIX tidak begitu menarik

c.       Beberapa varian UNIX membutuhkan sebagian besar penggunaan memori

d.      Karena UNIX memiliki lebih sedikit pengguna sehingga sebagian besar perusahaan game tidak membuat game untuk UNIX. UNIX memiliki lebih sedikit game yang tersedia daripada Windows dan macOS

1.5         Pandangan Pribadi

Menurut saya unix/linux sangat bagus digunakan untuk yang ingin mendalami security, terutama OS kali linuxnya.

 

BAB 2 Windows

2.1         Sejarah

1.      Windows 1.0

Microsoft membutuhkan lebih dari 2 tahun untuk meluncurkan produk yang diumumkan. Microsoft Windows 1.0 diperkenalkan pada 20 November 1985, dan dijual seharga $100. MS Windows versi 1.0 dianggap buggy, kasar, dan lambat. Pada bulan September 1985, pengacara Apple memperingatkan Bill Gates bahwa Windows melanggar hak cipta dan paten Apple, dan bahwa perusahaannya telah mencuri rahasia dagang Apple. Windows memiliki menu drop-down yang serupa, jendela ubin dan dukungan mouse sebagai sistem operasi Apple. Gates memutuskan untuk membuat penawaran untuk melisensikan fitur OS Apple. Apple setuju dan kontrak dibuat.

 

2.      Windows 2.0

Microsoft Windows 2.0 dirilis pada bulan Desember 1987 dan pada awalnya dijual seharga $100 juga. Itu adalah Windows yang jauh lebih baik, yang membuat komputer berbasis Windows lebih mirip Macintosh, memperkenalkan ikon untuk mewakili program dan file, meningkatkan dukungan untuk perangkat keras dan jendela dengan memori yang diperluas, yang bisa tumpang tindih.

 

 

3.      Windows 3.0

Pada bulan Mei 1990, Windows 3.0 yang awalnya diterima secara kritis dirilis, versi lengkap dihargai $149,95 dan versi upgradenya pada harga $79,95. Windows 3.0 memiliki manajer program dan sistem ikon yang ditingkatkan, manajer file baru, dukungan untuk enam belas warna, dan peningkatan kecepatan dan keandalan, dan yang paling penting. Windows 3.0 memperoleh dukungan pihak ketiga yang tersebar luas. Pemrogram mulai menulis perangkat lunak yang kompatibel dengan Windows, memberikan alasan kepada pengguna akhir untuk membeli Windows 3.0. Tiga juta kopi terjual pada tahun pertama.

 

 

4.      Windows 3.1

Pada bulan April 1992, Windows 3.1 dirilis dan terjual hampir 3 juta kopi dalam dua bulan pertama peluncurannya. Ini menampilkan dukungan font baru TrueType yang dapat diskalakan, bersama dengan kemampuan multimedia, penautan dan penyematan objek (OLE), kemampuan reboot aplikasi, dan banyak lagi. Windows 3.x menjadi sistem operasi nomor satu yang diinstal di PC hingga 1997, ketika Windows 95 mengambil alih.

 

 

5.      Windows NT 3.1

Pada bulan Juli 1993 diperkenalkan versi pertama dari keluarga sistem operasi Microsoft—Windows NT 3.1 (Nomor versi dipilih agar sesuai dengan salah satu Windows 3.1, lingkungan operasi terbaru dari Microsoft, karena tampilan visual yang serupa dari antarmuka pengguna). Windows NT 3.1 adalah versi Windows pertama yang menggunakan pengalamatan memori virtual "datar" 32-bit pada prosesor 32-bit. Produk pendampingnya, Windows 3.1, menggunakan pengalamatan tersegmentasi dan beralih dari pengalamatan 16-bit ke 32-bit di halaman. Windows NT pada awalnya dirancang untuk menjadi sistem operasi multiuser berbasis bahasa tingkat tinggi, prosesor-independen, multiprosesor, dengan fitur yang sebanding dengan Unix. Itu dimaksudkan untuk melengkapi versi konsumen Windows yang didasarkan pada MS-DOS. NT adalah versi Windows 32-bit pertama, sedangkan rekan-rekannya yang berorientasi konsumen, Windows 3.1x dan Windows 9x, adalah hibrida 16-bit/32-bit. Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Home Server, Windows Server 2008 dan Windows 7 didasarkan pada Windows NT, meskipun tidak dicap sebagai Windows NT.

 

6.      Windows 95

Pada tanggal 24 Agustus 1995, Microsoft Windows 95 dirilis dalam demam pembelian yang begitu besar sehingga bahkan konsumen tanpa komputer rumahan membeli salinan program tersebut. Lebih dari 1 Juta eksemplar dalam waktu 4 hari. Windows 95 dianggap sangat ramah pengguna. Ini termasuk tumpukan TCP/IP terintegrasi, jaringan dial-up, dan dukungan nama file yang panjang. Itu juga merupakan versi pertama dari Windows, yang tidak memerlukan MS-DOS untuk diinstal terlebih dahulu (tetapi masih berbasis kernel MS-DOS).

 

7.      Windows 98

Pada bulan Juni 1998, Microsoft merilis Windows 98. Itu adalah versi terakhir dari Windows berdasarkan kernel MS-DOS. Windows 98 memiliki browser Internet Microsoft "Internet Explorer 4" bawaan dan mendukung perangkat input baru seperti USB.

 

8.      Windows 2000

Windows 2000 dirilis pada Februari 2000, dan didasarkan pada teknologi Microsoft NT. Microsoft sekarang menawarkan pembaruan perangkat lunak otomatis melalui Internet untuk Windows dimulai dengan Windows 2000.

 

9.      Windows XP

Windows XP dirilis pada Oktober 2001 dan menawarkan dukungan multi-media yang lebih baik dan peningkatan kinerja.

 

10.  Windows Vista

Windows Vista dirilis pada Januari 2007. Ini berisi banyak perubahan dan fitur baru, termasuk antarmuka pengguna grafis yang diperbarui dan gaya visual yang dijuluki Aero, fungsi pencarian yang didesain ulang, alat multimedia termasuk Windows DVD Maker , dan subsistem jaringan, audio, cetak, dan tampilan yang didesain ulang. Vista bertujuan untuk meningkatkan tingkat komunikasi antar mesin di jaringan rumah, menggunakan teknologi peer-to-peer untuk menyederhanakan berbagi file dan media antara komputer dan perangkat. Windows Vista menyertakan versi 3.0 dari .NET Framework, yang memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk menulis aplikasi tanpa API Windows tradisional.

 

11.  windows 7

Microsoft merilis Windows 7 pada Oktober 2009. Windows 7 tampaknya menjadi sistem operasi Microsoft terlaris dalam sejarah, dengan 15 juta kopi terjual selama 9 bulan pertama. Tidak seperti pendahulunya, yang memperkenalkan sejumlah besar fitur baru, Windows 7 dimaksudkan untuk lebih fokus, peningkatan bertahap ke baris Windows, dengan tujuan agar kompatibel dengan aplikasi dan perangkat keras yang sudah kompatibel dengan Windows Vista. Ini difokuskan pada dukungan multi-sentuh, Windows Shell yang didesain ulang dengan bilah tugas baru, yang disebut sebagai Superbar, sistem jaringan rumahan yang disebut HomeGroup, dan peningkatan kinerja. Beberapa aplikasi standar yang telah disertakan dengan rilis Microsoft Windows sebelumnya, termasuk Kalender Windows, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Galeri Foto Windows, tidak disertakan dalam Windows 7, sebagian besar ditawarkan secara terpisah tanpa biaya sebagai bagian dari Windows Paket Live Essentials.

 

12.  Windows 8

Pada bulan Oktober 2012, Microsoft meluncurkan sistem operasi desktop terbarunya, yang disebut Windows 8. Ini adalah OS Micsrosoft pertama, yang juga akan digunakan pada tablet dan ponsel pintar.

Microsoft juga mengklaim, bahwa Win 8 ramping, cepat, dan menyenangkan, memiliki peningkatan keamanan yang sangat besar, masa pakai baterai yang lebih baik, boot yang lebih cepat, dll.

 

13.  Windows 8.1

Windows 8 dirilis dan diperkenalkan pada Oktober 2013, Windows 8.1 menandai pergeseran menuju pembaruan perangkat lunak tahunan dari Microsoft dan termasuk langkah pertama dalam Microsoft U-turn di sekitar antarmuka visual barunya.

 

14.  Windows 8.1

Windows 8.1 memperkenalkan kembali tombol Start, yang menampilkan layar Start dari tampilan desktop Windows 8.1. Pengguna juga dapat memilih untuk boot langsung ke desktop Windows 8.1, yang lebih cocok untuk mereka yang menggunakan komputer desktop dengan mouse dan keyboard daripada layar Mulai yang berfokus pada sentuhan.

 

15.  Windows 10

Diumumkan pada 30 September 2014, Windows 10 hanya dirilis sebagai versi uji coba bagi pengguna yang tertarik untuk mencoba. "Pratinjau teknis" masih dalam proses. Windows 10 merupakan langkah lain dalam Microsoft U-turn, membawa kembali menu Start dan lebih banyak keseimbangan bagi pengguna komputer desktop tradisional.

 

2.2         Cara Kerja

Ini adalah diagram sistem Windows NT — Sebagian besar bahkan Windows 10 masih memiliki banyak kode NT sebagai Sistem Operasi intinya.

1.      User Mode

Terkadang disebut lapisan aplikasi dan apa yang dilihat pengguna dan ketika sebuah program yang berjalan di Windows dijalankan, itu berada di lapisan mode pengguna tempat program itu berjalan.

 

2.      Kernel

Ini adalah inti dari Windows. Ketika sebuah aplikasi berjalan di Windows, ia melewati Antarmuka Sistem yang pada gilirannya memanggil Layanan Sistem di kernel (driver perangkat, memori, I/O sistem file, tampilan layar (GDI), dll.

 

3.      Hardware

Kernel memanggil perangkat keras untuk melakukan layanan yang diminta. Perangkat keras adalah memori fisik, CPU, hard drive dan chip fisik lainnya, dll. Itu adalah komputer yang sebenarnya.

 

2.3         Kelebihan

1.      Ease of use

Pengguna yang akrab dengan versi Windows sebelumnya mungkin juga akan menemukan versi yang lebih modern yang mudah digunakan. Hal ini disebabkan oleh segala sesuatu mulai dari tampilan dan nuansa standar dari hampir semua program yang ditulis untuk Windows hingga cara sistem file disajikan sejak zaman MS-DOS (disk A:\, disk C:\, dll.). Ini adalah salah satu alasan utama mengapa pengguna Windows sering enggan untuk beralih sistem operasi.

 

2.      Perangkat lunak yang tersedia

Ada banyak pilihan perangkat lunak yang tersedia untuk Windows. Ini karena dan alasan dominasi Microsoft di pasar dunia untuk sistem operasi komputer PC dan perangkat lunak perkantoran. Jika Anda mencari aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, kemungkinan besar jika ada, akan ada versi Windows yang tersedia di suatu tempat.

 

3.      Backwards compatibility

Jika saat ini Anda menggunakan versi Windows yang lebih lama dan membutuhkan sesuatu yang lebih mutakhir, tetapi Anda tidak ingin kehilangan penggunaan beberapa program lama yang hanya tersedia untuk Windows dan sangat penting untuk kebutuhan bisnis Anda, kemungkinannya adalah bagus (walaupun tidak pasti) bahwa program tersebut juga akan bekerja dengan versi Windows yang lebih baru.

 

4.      Dukungan untuk perangkat keras baru

Hampir semua produsen perangkat keras akan menawarkan dukungan untuk versi terbaru Windows ketika mereka pergi ke pasar dengan produk baru. Sekali lagi, dominasi Microsoft di pasar perangkat lunak membuat Windows tidak mungkin diabaikan oleh produsen perangkat keras. Jadi, jika Anda pergi ke toko hari ini membeli beberapa perangkat keras komputer baru secara acak, Anda akan menemukan bahwa itu mungkin akan bekerja dengan versi Windows terbaru.

 

5.      Plug & Play

Sebagai sistem operasi untuk pengguna rumahan rata-rata, Windows masih memiliki keunggulan dalam persaingan di bidang dukungan Plug & Play untuk perangkat keras PC. Selama driver yang tepat diinstal, Windows biasanya akan melakukan pekerjaan dengan baik dalam mengenali perangkat keras baru. Sistem operasi lain juga menawarkan fungsionalitas Plug & Play, tetapi pada tingkat yang lebih rendah dan lebih sering memerlukan intervensi manual.

 

6.      Games

Jika Anda mendambakan teknologi game PC terbaru, maka Anda memerlukan Windows. Sejumlah besar judul game tersedia untuk Windows, serta banyak perangkat keras game khusus yang didukung. Beberapa game paling populer juga tersedia untuk Linux, dan bahkan lebih banyak lagi untuk Mac, tetapi sebenarnya tidak ada perbandingan. Namun, harus dikatakan bahwa tidak semua game lama yang ditulis untuk Windows 95 dan 98 juga akan berfungsi dengan XP.

 

7.      Kompatibilitas dengan situs web yang digerakkan oleh MS

Setelah Windows menjadi sistem operasi desktop paling populer di dunia, Internet Explorer (IE) menjadi peramban web paling populer di dunia segera setelah Microsoft mulai menggabungkannya dengan Windows 95 untuk mengalahkan persaingan dari peramban Navigator pesaing Netscape. Sejak kematian Netscape, Microsoft telah memperkenalkan lebih banyak fitur eksklusif ke server web mereka yang hanya dapat dimanfaatkan dengan Internet Explorer. Jelas, situs-situs ini kurang dapat diakses dengan browser lain terkadang tidak sama sekali. Hal ini, ditambah dengan fakta bahwa versi terbaru IE hanya tersedia untuk Windows, menjadikan Windows satu-satunya pilihan bagi mereka yang ingin memanfaatkan sepenuhnya situs web yang menggunakan teknologi Microsoft.

 

2.4         Kekurangan

1.      Persyaratan sumber daya yang tinggi

Berbeda dengan pembuat sistem operasi lain, Microsoft mengharuskan pelanggannya untuk berinvestasi paling banyak dalam perangkat keras komputer mereka: prosesor yang lebih cepat (CPU), lebih banyak memori internal dan hard disk yang lebih besar. Microsoft selalu menyatakan bahwa ini karena semua fungsionalitas tambahan yang telah mereka tambahkan, seperti yang diminta oleh pelanggan mereka. Sebenarnya, hanya sedikit orang yang menggunakan banyak dari fitur tersebut, namun setiap orang masih dipaksa untuk bersaing dengan biaya tambahan yang dihasilkan.

 

2.      Sumber Tertutup

Memecahkan masalah dengan Windows akan jauh lebih mudah bagi pengguna dan personel pendukung jika saja mereka tahu apa yang sebenarnya terjadi. Sayangnya, hanya Microsoft yang memiliki akses penuh ke kode sumber perangkat lunaknya, dan karena tidak ada file log yang dibuat, pengguna dibiarkan mencoba dan menyimpulkan apa yang menyebabkan masalah mereka hanya dengan coba-coba. Paling-paling ini memakan waktu, sementara yang terburuk dapat membuat program tidak mungkin untuk dikerjakan. Lihat juga: "Sumber Bersama".

 

3.      Keamanan yang buruk

Dibandingkan dengan sistem operasi lain, keamanan Microsoft lemah. Menurut pengembang mereka sendiri, produk mereka "tidak direkayasa untuk keamanan." Hasilnya adalah bahwa komputer Windows lebih mungkin dibajak dan digunakan untuk mendistribusikan segala sesuatu dari sistem lain, mulai dari spam hingga pornografi (Ref: Inquirer) hingga surat kebencian. Lebih buruk lagi, aktivitas seperti itu hanya menunjuk ke komputer yang telah disusupi: karena Windows tidak menghasilkan file log, pemiliknya tidak memiliki cara untuk membuktikan keterlibatan orang lain.

 

4.      Kerentanan virus

Subjek ini biasanya dianggap sebagai bagian dari masalah umum Microsoft dengan keamanan. Namun, kerentanan sistem operasi Microsoft mana pun terhadap virus komputer selalu terlihat; hampir semua virus komputer menargetkan komputer Windows dan secara teratur mendatangkan malapetaka yang layak diberitakan. Memang, jika bukan karena Windows, industri anti-virus multi-juta dolar seperti yang kita tahu akan hampir tidak ada. Virus pada platform lain, kecuali mungkin sistem operasi Mac yang lebih lama, sangat jarang. Apa artinya ini bagi bisnis, adalah bahwa mereka tidak punya pilihan selain terus berinvestasi dalam perangkat lunak anti-virus untuk semua komputer Windows mereka, serta mengikuti rilis patch keamanan Microsoft yang hampir setiap hari.

 

5.      Perjanjian lisensi yang keterlaluan

Kebanyakan orang tidak pernah repot-repot membaca EULA, atau Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir, yang harus disetujui sebelum produk Microsoft apa pun termasuk paket layanan dan pembaruan keamanan dapat digunakan atau diinstal. Kebanyakan orang hanya menganggap layar ini sebagai iritasi yang harus diklik untuk menginstal produk. Namun, jika mereka bersusah payah membaca EULA, banyak yang mungkin akan sedikit lebih jengkel. Misalnya, EULA Microsoft untuk Windows XP diubah secara radikal untuk orang-orang yang menginstal pembaruan keamanan pada pertengahan 2002 yang memperbaiki kebocoran keamanan yang jelas dan berpotensi berbahaya di Windows Media Player.

 

6.      Dukungan teknis yang buruk

Hanya sedikit staf pendukung Microsoft yang benar-benar memahami masalah keamanan atau perusahaan kelas atas, dan bahkan lebih sedikit lagi yang memiliki akses ke atau memahami kode sumber mana pun. Akun dengan volume yang sangat tinggi mendapatkan perlakuan khusus, tetapi bagi yang lain, peluang untuk mendapatkan dukungan yang baik pada masalah yang benar-benar sulit sangat kecil. Lebih buruk lagi, dukungan gratis yang diberikan kepada pengguna akhir telah berkurang secara dramatis selama bertahun-tahun. Untuk bisnis yang bergantung pada produk Microsoft, ini berarti risiko yang lebih besar dan biaya yang lebih tinggi.

 

7.      Perlakuan bermusuhan terhadap pengguna yang sah

Dalam upaya untuk mengekang pembajakan perangkat lunak, Microsoft menyertakan skema di Windows XP yang melibatkan pengiriman "sidik jari" konfigurasi perangkat keras PC Anda yang memungkinkan mereka memverifikasi apakah lisensi Anda masih digunakan hanya pada satu PC atau tidak. Saat mereka mendeteksi bahwa lisensi Anda berjalan di komputer lain, salinan Windows Anda akan berhenti berfungsi. Satu-satunya cara Anda dapat membuatnya berfungsi kembali adalah dengan meminta kode aktivasi baru kepada mereka. Bagi sebagian orang, ini mungkin terdengar masuk akal pada awalnya, karena saya yakin kita semua setuju bahwa pembajakan perangkat lunak adalah hal yang buruk, tetapi apa yang terjadi jika Anda ingin memutakhirkan seluruh mesin Anda? Itu benar: Anda harus menelepon Microsoft untuk mendapatkan kode baru. Yang menarik adalah bahwa Microsoft tahu ini benar-benar akan mengganggu manajer TI di perusahaan besar (yang biasanya tetap membayar), jadi mereka memberikan lisensi massal pintu belakang untuk perlindungan ini. Sisanya dari kita dianggap bersalah sampai terbukti tidak bersalah.

 

8.      Harga pemeras

Di masa lalu, ketika Microsoft ditanya pada banyak kesempatan mengapa menaikkan harga lisensi Windows-nya lagi, jawaban standarnya adalah bahwa perlu untuk mengimbangi biaya pengembangan versi terbaru mereka. Namun, setelah pemindaian Enron dan Worldcom, Microsoft memutuskan untuk merombak struktur pelaporannya dalam upaya untuk mencapai transparansi yang lebih dalam informasi pendapatannya. Hasilnya cukup mengungkapkan. Apa yang lama dicurigai orang adalah kasus yang sekarang diketahui sebagai fakta: bahwa margin keuntungan Microsoft untuk Windows sangat besar. Menurut laporan pendapatan mereka yang diajukan ke S.E.C untuk kuartal ketiga tahun 2002 (Ref: S.E.C.), pendapatannya mencapai 85,8% dari $2,892 miliar. Divisi 'Pekerja Informasi' mereka, yang mencakup lini aplikasi Office, memperoleh keuntungan 76,8% dari penjualan sebesar $2,385 miliar. Dengan kata lain, harga tinggi Microsoft sebagian besar adalah 'pajak monopoli'. Menariknya, meskipun divisi server mereka juga menghasilkan keuntungan, semua yang lain beroperasi dengan kerugian. Sepertinya Microsoft menggunakan keuntungan dari divisi monopolinya untuk masuk ke pasar baru.

 

9.      Biaya tambahan

Setelah menyiapkan serangkaian komputer Microsoft, atau bahkan satu pun, cepat atau lambat pelanggan selalu membutuhkan perangkat lunak tambahan. Misalnya, pemindai virus wajib saat ini, tetapi banyak juga yang percaya bahwa pemblokir spyware juga penting. Tapi, itu hanya barang murah. Jika Anda menjalankan situs web berbasis Windows, misalnya, Anda mungkin mendapati diri Anda menginvestasikan banyak uang untuk alat pengembangan, yang sebagian besar adalah produk Microsoft. Biaya aplikasi yang dapat berjalan di situs web Anda biasanya lebih tinggi daripada biaya sistem lain. Misalnya, Anda dapat menemukan banyak skrip dan aplikasi gratis untuk menjalankan layanan seperti papan web, ruang obrolan, statistik web, dan email untuk situs web berbasis Linux, tetapi Anda tidak akan menemukan banyak aplikasi gratis di dunia Microsoft.

 

10.  Stabilitas yang buruk

Bagi orang-orang yang terbiasa berurusan dengan Windows, me-reboot dan menginstal ulang adalah kejadian biasa yang kebanyakan bahkan tidak memikirkannya lagi. Namun, itu sama sekali bukan alasan untuk kinerja yang buruk: Windows tidak boleh membeku dan reboot hanya karena Word atau Internet Explorer sedang digunakan. Dan ya, ini karena produk Microsoft penuh dengan bug apa pun yang dikatakan Bill Gates (Ref: Cantrip Corpus). Namun demikian, tampaknya sebagian besar orang menjadi tidak peka terhadap masalah ini seolah-olah itu adalah konsekuensi alami dari kerumitan yang terlibat. Tapi, tidak harus seperti itu: setiap sistem operasi utama lain yang tersedia saat ini memiliki rekam jejak yang lebih baik.

 

11.  Penguncian vendor

Juga disebut sebagai 'ketergantungan vendor', Microsoft terkenal karena mempromosikan loyalitas merek di antara pelanggannya dengan cara ini. Salah satu cara bagi vendor untuk membuat lock-in adalah untuk mendapatkan kendali dari kedua sisi model klien/server yang terbuka dan standar dengan menambahkan ekstensi kepemilikan ke format komunikasi standar. Pelanggan kemudian tidak dapat lagi beralih ke perangkat lunak klien atau server alternatif yang lebih murah tanpa kehilangan fungsionalitas, harus membiayai migrasi lengkap ke produk yang berbeda, atau keduanya. Microsoft, sebagai produsen aplikasi dan sistem operasi untuk workstation dan server, berada dalam posisi ideal untuk menciptakan situasi seperti itu. Memang, mereka telah mengambil konsep ini dan membuatnya menjadi seni rupa. Bagi pelanggan, kualitas buruk dan harga tinggi adalah hasilnya.

 

12.  Format file yang tidak kompatibel mundur

Kelemahan terkenal menggunakan aplikasi Microsoft seperti Office (Word, Excel, dll), adalah bahwa format file mereka tidak kompatibel. Misalnya, ini berarti bahwa dokumen yang dibuat dalam format MS Word 2002 tidak dapat ditafsirkan dengan cara apa pun oleh seseorang yang menggunakan Word 97. Microsoft selalu mempertahankan bahwa ini karena semua fitur baru telah ditambahkan ke setiap format dokumen baru, tetapi kenyataannya adalah bahwa akan mudah bagi pengembang Microsoft untuk membuat format file umum yang memungkinkan semua versi Word mengabaikan fitur pemformatan baru dan tidak dikenal. Tidak, mereka memilih untuk melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda karena metode merekalah yang membuat pelanggan mereka terus meningkat.

 

13.  Dukungan yang buruk untuk perangkat keras lama

Dukungan lama untuk perangkat keras lama hilang di Windows 2000 dan Windows XP. Microsoft mengklaim ini diperlukan untuk meningkatkan stabilitas keseluruhan sistem mereka, tetapi jika sistem lain dengan reputasi yang sangat baik untuk stabilitas menyertakan dukungan yang jauh lebih baik untuk perangkat keras yang lebih tua, di mana hal ini meninggalkan argumen Microsoft?

 

14.  Akses jarak jauh yang buruk

Berbeda dengan banyak alternatif yang tersedia, MS-DOS, dan dengan demikian Windows setelahnya, tidak pernah dirancang dengan akses jarak jauh. Itu tidak berarti bahwa itu tidak dilakukan itu, karena ini adalah cara yang bagus untuk menghemat biaya administrasi hanya saja solusi selalu meninggalkan sesuatu yang diinginkan. Mereka tidak dapat diandalkan, tidak aman (terutama melalui Internet), mahal, membutuhkan terlalu banyak bandwidth atau memerlukan komponen jaringan Microsoft tambahan untuk bekerja. Selalu, itu adalah kombinasi dari karakteristik ini.

 

 

15.  Total Biaya Kepemilikan Tinggi

Fakta bahwa Microsoft mengenakan biaya yang sangat mahal pada awalnya untuk perangkat lunak mereka adalah satu hal, tetapi apa yang tidak disebutkan oleh sebagian besar penjual adalah, jika Anda ingin tetap menggunakan platform ini di masa mendatang dan mempertahankan semua manfaat (kompatibilitas aplikasi dan format file), Anda 'll harus meng-upgrade setiap dua sampai tiga tahun. Selain itu, Microsoft membuat peningkatan lebih mahal bagi pelanggan yang tertinggal. Alasan utama lainnya untuk TCO tinggi, adalah pemeliharaan intensif yang dibutuhkan oleh sistem Windows modern. Patch keamanan penting Microsoft sering diterbitkan, sehingga tampaknya bahkan Microsoft tidak dapat selalu mengikutinya. Akibatnya, sistem mereka juga terpengaruh ketika worm Slammer menyerang pada akhir Januari 2003. Mereka tidak akan mengalami penghinaan ini jika mereka hanya ingat untuk menginstal salah satu patch keamanan mereka sendiri beberapa bulan sebelumnya.

 

2.5         Pandangan Pribadi

Windows sangat dianjurkan untuk kalangan milenial yang mengutamakan keindahan.

 

BAB 3 Linux

3.1         Sejarah

3.2         Cara Kerja

3.3         Kelebihan

3.4         Kekurangan

3.5         Pandangan Pribadi

Menurut saya unix/linux sangat bagus digunakan untuk yang ingin mendalami security, terutama OS kali linuxnya.

 

BAB 4 Mac OS

4.1         Sejarah

4.2         Cara Kerja

4.3         Kelebihan

4.4         Kekurangan

4.5         Pandangan Pribadi

 

BAB 5 Mobile android

5.1         Sejarah

5.2         Cara Kerja

5.3         Kelebihan

5.4         Kekurangan

5.5         Pandangan Pribadi

 

BAB 6 DAFTAR PUSTAKA

[1]   http://ibgwww.colorado.edu/~lessem/psyc5112/usail/concepts/hx-of-unix/unixhx.html

[2]   https://users.ox.ac.uk/~martinw/unix/chap1.html

[3]   https://www.itrelease.com/2021/03/what-are-advantages-and-disadvantages-of-unix-operating-system/

[4]   https://history-computer.com/software/microsoft-windows-complete-history-of-microsoft-windows/

[5]   https://www.theguardian.com/technology/2014/oct/02/from-windows-1-to-windows-10-29-years-of-windows-evolution

[6]   https://qr.ae/pGJ05Y

[7]   http://www.rjsystems.nl/en/3200.php

[8]    

[9]    

[10]                        

[11]                        

[12]                        

[13]                        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OUTPUT & INPUT PADA KOMPUTER DAN SMARTPHONE